Unit Layanan Konseling Perundungan dan Kekerasan Seksual Jangan Salah Kaprah, Kenal Perbedaan Mental Health Dan Mental Illness

Unit Layanan Konseling Perundungan dan Kekerasan Seksual Jangan Salah Kaprah, Kenal Perbedaan Mental Health Dan Mental Illness

Mei 16, 2024 by smartoil

Persepsi mengenai mental health dan mental illness memang sedang banyak diperbincangkan ditengah masyarakat. Lebih dari itu, banyak juga yang menyalahartikan perbedaan antara keduanya. Padahal, keduanya mempunyai makna yang berbeda.

Padahal kadang-kadang saling beririsan, kongkretnya kesehatan mental dan penyakit mental itu berbeda kok. Nah biar enggak salah kira dan malahan mendiagnosis diri sendiri terkena penyakit mental, berikut penjelasan terkait dengan perbedaan antara kesehatan mental dan penyakit mental itu sendiri.

Mental health
Berdasarkan World Health Organization (WHO), mental health atau kesehatan mental yang baik merupakan semua hal yang terkait dengan kesejahteraan dari mental dan psikis. Lebih lanjut, kesehatan mental didefinisikan sebagai situasi sejahtera dimana tiap-tiap individu menyadari potensinya sendiri, bisa memecahkan tekanan hidup yang normal, bisa bekerja secara produktif dan bermanfaat serta mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya.

Bukan cuma soal tidak mempunyai gejala mental illness, mental health diidentifikasikan juga bahwa seseorang itu mampu menghadapi tantangan hidup dengan kuat. Tiap-tiap orang mempunyai kesehatan mental, sama seperti tiap-tiap orang mempunyai kesehatan, atau dalam arti sederhana bahwa tidak akan ada kesehatan tanpa adanya kesehatan mental itu sendiri.

Namun, jikalau kamu mempunyai gejala seperti stres, cemas atau gangguan psikis lainnya, kesehatan mentalmu akan bisa terganggu. Namun ini kemudian disebut dengan mental illness atau penyakit mental.

Mental illness
Penyakit mental ini tentu berbeda dengan kesehatan mental. Seseorang yang mempunyai kesehatan slot spaceman jasmaniah ataupun kesehatan mental yang baik, belum tentu tidak akan mengalami penyakit mental. Berdasarkan The Canadian Mental Health Association, mental illness merupakan penyakit yang mempengaruhi sistem seseorang dalam berdaya upaya, menikmati sesuatu, berperilaku atau dalam hal berinteraksi dengan orang lain di keseharian.

Penyakit mental ini bisa menyerang siapa saja tanpa melihat usia ataupun ragam kelamin. Di samping itu, bagi seseorang yang mengidapnya, penyakit mental ini akan bisa mengganggu kegiatan pribadi ataupun sosial dengan lingkungannya. Seseorang yang diucapkan mengalami mental illness mesti via diagnosa dari yang pakar, seperti dokter, psikolog ataupun psikiater.

Dikarenakan, jikalau kamu melaksanakan self diagnose tentu akan berdampak negatif kepada penyakit mental yang kamu derita. Namun ini kemudian bisa saja kamu malahan salah diagnosa dan mengalami imbas negatif lainnya. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh self diagnose dan segeralah datangi kepada yang pakar, ya!

Hubungan keduanya
Padahal maknanya berbeda, baik mental health ataupun mental illness rupanya mempunyai saling keterkaitan lho. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa kamu bisa saja mengalami penyakit mental tertentu, meskipun kesehatan mentalmu baik atau kamu bisa saja tidak mempunyai gangguan penyakit mental meskipun kesehatan mentalmu buruk. Oleh sebab itu, jikalau kamu mengalami gejala kesehatan yang terkait dengan psikis, jangan pernah anggap sepele.

Kalau kamu mengalami hal hal yang demikian, lakukanlah pemeriksaan pada yang pakar. Sebab jikalau kamu terus membiarkannya, bahaya penyakit mental seperti depresi, gangguan kecemasan, bipolar, dan penyakit mental lainnya akan menghantuimu. Namun ini juga tentu secara signifikan akan mempengaruhi interaksimu dengan orang lain.

Namun, bagi kamu yang mempunyai penyakit mental tertentu, jangan cemas ya, sebab dengan perawatan yang tepat penyakit mental kita akan bisa disembuhkan kok! Lagi pula, kita juga mesti mensyukuri semua nikmat yang telah diberi oleh , kan?