Teknologi Informasi Kesehatan dan Perkembangannya

Kecanggihan teknologi kini ikut memengaruhi berbagai bidang, termasuk bidang kedokteran melalui penerapan teknologi informasi kesehatan. Seperti yang Anda tahu, service kebugaran baik yang berwujud klinis maupun non klinis, jadi salah satu bidang yang memanfaatkan perkembangan teknologi ini.

Terutama didalam teknologi informasi kebugaran yang perihal secara langsung bersama pasien. Teknologi terlampau menunjang didalam pengambilan ketentuan klinis. Dapat termasuk berguna sebagai sistem pengelolaan fasilitas service kesehatan.

Penerapan teknologinya pun meliputi berbagai macam, layaknya EMRs, EHRs, dan PHRs. Pemanfaatan ini diinginkan sanggup berguna bagi provider service kebugaran untuk sedia kan informasi kebugaran pasien secara akurat.

Hal selanjutnya pasti saja akan menambahkan pengaruh terhadap pengambilan ketentuan parlay bola agar pasien meraih perawatan yang tepat. Tak cuma itu saja, teknologi informasi kebugaran ini termasuk menunjang didalam sistem diagnosa dan sanggup menangani medical error bersama baik.

Perkembangan Teknologi Informasi Kesehatan
Teknologi informasi kebugaran tidak terlepas berasal dari kesibukan pencatatan, perekaman dan juga pendokumentasian dukungan service kebugaran kepada pasien. Kegiatan ini diperkirakan telah ada sejak dahulu, sekitar 25.000 SM. Ada berbagai wujud catatan medis yang dibikin berasal dari berbagai peradaban bersama memanfaatkan begitu banyak ragam media.

Mengutip buku Sejarah Perkembangan Rekam Medis susunan Dr. Rano Indradi, M.Kes., selanjutnya ini merupakan temuan bentuk-bentuk dokumentasi service kesehatan.

Bangsa Tahun Bentuk Temuan Dokumentasi Kesehatan
Spanyol 25.000 – 3.000 SM Lukisan terhadap gua batu yang berisi perihal amputasi jari dan trepanasi
Indian (Peru) 10.000 SM Temuan tengkorak berlubang akibat praktek trepanasi
Mesir 3.000 SM Temuan berwujud hieroglyph atau papyrus
Babilonia (Irak Kuno) 3.000 – 2.000 SM Replika organ binatang, lempengan tanah simak dan batu bersama tulisan berwujud paku atau cuneiform
Cina 2.737 SM Temuan catatan terhadap bambu, daun palem, dan tipe manusia berasal dari tembaga, gading dan kertas
Yunani 1.100 SM Catatan yang dipahat di kuil pengobatan dan kertas
India 500 M Dokumentasi medis terhadap kertas
Romawi 160 M Dokumentasi medis terhadap kerta
Indonesia 800 M Catatan medis terhadap kulit kayu atau daun lontar, berbahasa Kawi, Sansekerta, dan temuan medis terhadap relief pahatan arca
Iran/Irak (Persia) 900 M Catatan medis terhadap kertas
Teknologi Informasi Kesehatan dan Perkembangannya
Temuan wujud dokumentasi medis selanjutnya pasti melukiskan adanya kesamaan praktek kedokteran di berbagai belahan dunia. Meski terpisah rentang waktu, jarak, dan juga letak geografis.

Seiring berkembangnya zaman hingga era kini, era depan dunia kebugaran tak terlepas berasal dari teknologi digital. Penggunaan teknologi ini pasti diinginkan sanggup menunjang para dokter dan pakar kebugaran lainnya untuk membangun kualitas perawatan dan service kebugaran agar lebih tepat dan akurat.

Berikut ini merupakan teknologi informasi kebugaran yang telah berkembang begitu pesat didalam bidang ini.