Sebenarnya rumah sakit dengan rumah sakit umum daerah sama sama milik pemerintah. Namun, perbedaan terletak pada kepemilikan di mana RSUP merupakan milik pemerintah pusar yang mengacu pada dapartemen negri, sedangkan RSUD mengacu pada koordinasi dapartemen kesehatan.

Meskipun begitu tujuan utama berdirinya rumah sakit hampir sama yakni memberi layanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat.

Rumah Sakit (RS) adalah sebuah institusi perawatan kesehatan profesional yang pelayanannya disediakan oleh dokter, perawat, dan tenaga ahli kesehatan lainnya. Secara umum, rumah sakit pemerintah dengan rumah sakit swasta di Indonesia sangat jauh berbeda. Masyarakat menganggap dan mengalami bahwa pelayanan di rumah sakit swasta jauh lebih baik dari pada RS pemerintah. Padahal banyak kemudahan atau keuntungan yang didapatkan oleh RS pemerintah, baik pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, dibandingkan dengan RS Swasta.

A. Rumah Sakit Umum Terkenal

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia NO, 56 tahun 2004, Pengertian Rumah Sakit Umum Terkenal tentang klasifikasi dan perizinan rumah sakit di sebutkan dalam pasal 1 poin 2.

Seperti yang sudah anda ketahui, rumah sakit memiliki fungsi dan tugas yang sangat berguna atau bermanfaat bagi semua masyarakat dalam semua bidang.

Rumah Sakit Umum  yang sudah terkenal atau bisa di bilang manca negara, memang memiliki ke kelebilan yang berbeda dengan rumah sakit pada umumnya. Namun, tidak semua rumah sakit bisa memberikan pelayanan yang maksimal atau memiliki peralatan yang komplit untuk menyembuhkan segala jenis penyakit. Nah, di bawah ini smartoilandgas akan membahas mengenai beberapa rumah sakit yang terkenal hingga dunia. Rumah Sakit Umum adalah Rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan kepada semua masyarakat semua bidang dan segala jenis penyakit. Umum nya tempat penyedia layanan kesehatan ini sudah berada banyak atau titik yang mudah anda temui, tentu pelayanan sudah tidak di ragukan dengan kualitas dan ketentuan medis yang sudah mereka kuasai.

Di Bawah Ini Rekomendasi Rumah Sakit Umum Yang Terkenal Dan Sudah Lengkap Dengan Kemewahan Setiap Kelas

Dengan perkembangan zaman yang semakin modern, layanan penyedia kesehatan ini memiliki fungsi yang beragam, bahkan di daerah tertentu memiliki fungsi sebagai panti asuhan dan sebagai tempat istirahat musafir. Jenis Jenis Rumah Sakit Terbesar Di Indonesia :

1. Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati Rumah sakit umum pusat fatmawati adalah rumah sakit milik pemerintah yang terletak di daerah Jakarta, Indonesia, setelah di resmikan RSUP fatmawati tahun 1963 yang terletak di jakarta selatan, Indonesia.   Setelah penyerahan resmi pada tahun 1963 hingga saat ini RSUP Persahabatan mengalami berbagai perkembangan. Hal perbaikan fasilitas yang semakin modern dan peningkatan fungsinya sebagai pusat pelayanan kesehatan, sehingga menjadi rumah sakit rujukan nasional di bidang pelayanan kesehatan respirasi (pernapasan) di Indonesia. Hingga saat ini tenaga pelayanan kesehatan yang bekerja di rumah sakit umum fatmawati hampir 400 orang. Hal perbaikan fasilitas yang semakin modern dan peningkatan fungsinya sebagai pusat pelayanan kesehatan, oleh sebab itu sekarang menjadi rumah sakit rujukan yang nasional di bidang pelayanan kesehatan respirasi (pernapasan) di Indonesia. RSUP yang sudah lengkap dengan peralatan pengobatannya ini beralamat di JL. RS Fatmawati, cilandak, jakarta selatan, DKI jakarta, Indonesia. Rumah sakit fatmawati sudah menjadi rumah sakit pemerintahan kelas B dan sudah menjadi pusat rujukan untuk wilayah jakarta.

Rumah sakit umum fatmawati memiliki berbagain jenis keungulan yang akan memberikan layanan secara 24 jam. Meskipun, rumah sakit milik pemerintah ini tergolong rumah sakit yang kecil dan masih memiliki kelas b, nyatanya rumah sakit umum ini bisa menjadi RS yang terkenal sebagai rumah sakit terdekat untuk wilayah cilandak yang memiliki fasilitas lengkap.

2. Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan

Rumah Sakit Umum Pusat (Persahabatan RS Persahabatan di bangun atas kerja sama pemerintah Indonesia dengan Uni Soviet yang di resmikan pada tanggal 7 November 1963. Bertepatan dengan peringatan 46 tahun Revolusi Oktober. Rumah sakit yang di dirikan di lahan seluas 134.521 m2 ini sekarang berstatus sebagai rumah sakit rujukan nasional untuk penyakit pernapasan yang berdiri di Jakarta timur, Indonesia. Pada dasarnya rumah sakit memiliki fungsi dan tugas yang sama, hanya saja, akan tetapi RSUP persahabatan memiliki akreditasi yang tinggi.

3. Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) dr. Cipto Mangunkusumo

rumah sakit umum dc cipto mangunkusumo Jenis rumah sakit yang bertema kepahlawanan ini terletak di jakarta pusat, Indonesia, dengan tema kepahlawanan yang menjadikan RSUPN memiliki sejarah. Rumah Sakit Umum Nasional dr. Cipto mangunkusumo adalah penyedia pelayanan kesehatan yang umum milik pemerintah terlengkap di Indonesia saat ini. Sebenarnya RSUPN yang satu ini memiliki nilai akreditasi yang sama dengan RSUPN persahabatan yakni A, pelayanan kesehatan yang terlengkap ini beralamat di JL. Salemba raya No 71, Kenari senen, Jakarta Pusat, Indonesia.

Rumah sakit persahabatan adalah rumah sakit yang umum milik pemerintah yang memiliki kelas A. Berbeda dengan rumah sakit umum lainnya, RS persahabatan memiliki dokter dokter yang menjadi keunggulan utama untuk rumah sakit persahabatan, Yakni :

a. Dokter Spesialis Kulit

b. Dokter Spesialis Mata

c. Dokter Spesialis Gigi

d. Dokter Spesialis Jantung

Tentu, masih banyak dokter dokter spesialis lainnya. Namun, 4 dokter spesialis di atas memiliki jumlah pasien yang paling banyak diantara semua jenis dokter lainnya.

4. Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) dr. Hasan Sadikin

rumah sakit umum dr. hasan sadikin Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Hasan Sadikin ini adalah rumah sakit yang terletak di bandung, jawa barat. Lembaga penyedia layanan kesehatan ini merupakan salah satu badan layanan umum kesehatan dan sebelumnya berbentuk perusahaan jawatan. Sebelumnya rumah sakit ini bernama Rumah Sakit Rancabadak. Apakah RSUPN dr. Hasan Sadikin Menjadi yang terbaik? penghargaan rumah sakit sebenarnya tidak terlalu penting, pasalnya, penyedia layanan ini memiliki fungsi yang sangat berguna bagi masyarakat umum khususnya orang sakit atau terapi pemulihan penyakit yang di derita pasien.

Dengan berdirinya rumah sakit hasan sadikin ini adalah salah satu wujud upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan secara baik dengan layanan 24 jam. Nama hasan sadiki, yang mulai di pakai pada tahun 1967, berasal dari salah satu direktur, yaitu Dr. Hasan Sadikin. Ketika ia sedang menjabat menjadi direktur, kemudian mentri kesehatan meminta mengubah nama rumah sakit tersebut menjadi rumah sakit hasan sadikin.

B. Kelebihan Rumah Sakit Terkenal Di Indonesia

Mungkin Hal pertama yang anda bayangkan mendengar kata rumah sakit adalah orang yang sakit. Tetapi, apakah anda sudah mengetahui tentang keunggulan yang tersedia sebagai penyedia layanan kesehatan ini. Di bawah ini Smartoilandgas akan memberikan pengetahuan mengenai kelebihan yang tersedia, diantaranya :

1. Tidak perlu mencari pasien

Hal yang tidak perlu di lakukan sebagai tenaga ahli medis adalah mencari pasien, pasalnya, masyarakat yang mengalami atau menderita penyakit akan datang sendiri ke rumah sakit.

2. Tidak perlu Khawatir dengan pelayanan

Pelayanan adalah alasan utama mengapa pasien memilih di rawat di rumah sakit tersebut. hal ini akan memberikan rasa aman untuk pasien yang sedang mengalami proses penyembuhan.

3. Tempat yang bersih

Jangan khawatir masalah kebersihan, kenapa? karena tempat penyedia layanan kesehatan sudah pasti bersih dan harum. Dengan lingkungan yang bersih, maka, akan lebih meminimalisir terjadinya bakteri bakteri jahat yang akan menimbulkan bau tidak sedap atau busuk.

4. Tidak perlu cemas dengan harga pengobatan

Rumah sakit umum pemerintahan ini memiliki ketersediaan keringanan tentang biaya bagi masyarakat yang kurang mampu yakni BPJS. Jika memiliki kartu asuransi bisa juga di gunakan melakukan pembayaran.

5. Tidak perlu mencemaskan soal fasilitas

Fasilitas yang sudah lengkap tersebut hampir semua rumah sakit umum milik pemerintahan tersedia. Dengan layanan yang sudah lengkap adalah bentuk keseriusan pemerintah dalam menjaga kesehatan rakyatnya.

6. Anggaran disediakan oleh pemerintah

Mulai dari pembangunan fisik, rehabilitasi dan renovasi, penyediaan alat-alat kesehatan, biaya maintenance, gaji sebagian besar karyawannya di tanggung pemerintah, obat-obatannya juga di beli dengan anggaran pemerintah.


7. Tersedia Fakultas Kedokterannya

Biasanya juga merangkap sebagai RS Pendidikan. Maka akan lebih banyak kelebihannya, karena hampir semua dokter ahli akan rangkap jabatan sebagai dokter dan staf pengajar. Sehingga dokter spesialis dan sub-spesialisnya tidak harus di gaji khusus oleh RS. Demikian juga dokter peserta didik tanpa harus di gaji khusus oleh RS tapi dapat di perbantukan di rumah sakit. Hal ini berlaku juga untuk perawat dan bidan, mereka dapat melaksanakan praktek lapangan di RS tersebut, sehingga pelayanan terhadap pasien akan makin baik. Kenapa? Karena para calon dokter, perawat dan bidan akan memberikan pelayanan seperti yang diajarkan di kampus atau sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). Anggapan masyarakat terhadap peserta didik yang menjadikan pasien sebagai “kelinci percobaan” bagi mereka adalah tidak benar. Karena peserta didik yang bekerja di RS Pendidikan senantiasa di bawah pengawasan dan bimbingan staf pengajar dan senior mereka.

8. Memiliki Akses Besar

RS Pemerintah mempunyai akses dan link dengan RS Pemerintah lainnya yang mempunyai Grade lebih tinggi sehinga memudahkan dalam proses rujukan.

Semua kelebihan di atas  tidak di miliki oleh RS Swasta manapun di Indonesia. Malah RS Swasta umumnya merekrut tenaga dokter ahli dari RS Pemerintah yang ada. RS Swasta tidak dapat menjalankan fungsinya tanpa ada bantuan dari tenaga-tenaga kesehatan dari RS Pemerintah. Jadi jelas, bahwa RS Pemerintah seharusnya menjadi RS dengan pelayanan terbaik, berdasarkan potensi-potensi yang di milikinya tersebut.

Tapi anehnya, yang terjadi adalah RS Pemerintah tidak mampu mengoptimalkan potensi-potensinya serta tidak sepenuhnya memanfaatkan peluang-peluang besar yang di punyainya. Bahkan terkesan RS Pemerintah layaknya unit pelayanan kesehatan yang serba kekurangan. Kekurangan dana, kekurangan tenaga, kekurangan peralatan, kekurangan kepedulian, kekurangan perhatian, dan berbagai kekurangan-kekurangan lainnya.

Dan anehnya lagi, masyarakat dan personil pemerintah serta personil legislatif sendiri malah selalu menyalahkan dan menghujat layanan kesehatan RS Pemerintah, layaknya RS Pemerintah bukan milik mereka dan mereka tidak mempunyai tanggung jawab dalam memajukan RS tersebut. Padahal, RS Swasta bisa melaksanakan pelayanan kesehatan dan menggaji karyawannya hanya dari pembayaran pasien, sedangkan manajemennya tidak jauh berbeda.

Persepsi masyarakat belum banyak berubah hingga era JKN/BPJS sekarang ini. Masyarakat lebih memilih RS swasta yang melayani pasien BPJS di bandingkan dengan RS pemerintah. Hal tersebut selalu di landasi pemikiran bahwa pelayanan di RS swasta pasti akan lebih baik, cepat dan professional.

Menyikapi hal tersebut, semestinya RS Pemerintah segera berbenah diri agar dapat bersaing dengan RS Swasta. Apalagi dengan dukungan anggaran dari APBD dan APBN yang pasti di kucurkan oleh pemerintah dapat  menjadikan RS Pemerintah menjadi yang terbaik dan menjadi kebanggaan masyarakat. Dengan demikian tidak ada lagi RS Pemerintah yang mengeluh kekurangan tempat tidur, kekurangan peralatan medis, kekurangan dana, kekurangan tenaga ahli, apalagi kekurangan pasien.