Rumah sakit swasta adalah rumah sakit yang di miliki oleh perusahaan keuntungan atau perusahaan nirlaba dan swasta yang di biayai. Melalui pembayaran untuk layanan medis oleh pasien itu sendiri, oleh penanggung asuransi, atau oleh kedutaan asing.

Rumah sakit swasta berorientasi kepada bisnis sehingga prinsip-prinsip bisnis diterapkan didalamnya. Karena itu anda akan mendapati rumah sakit swasta mempunyai pelayanan pelanggan lebih baik karena jika tidak dia akan ditinggalkan oleh pelanggan.

Praktik ini adalah sangat biasa di Amerika Serikat, Prancis dan Australia. Di Inggris, rumah sakit swasta di bedakan jauh lebih lazim dari lembaga Layanan Kesehatan Nasional.

Kini sekarang rumah sakit bukan hanya tersedia hanya untuk seseorang yang ingin berobat. Terapi, sekarang menjadi tempat penampungan fakir miskin dan menjadi tempat istirahat orang musafir. Namun, tidak semua rumah sakit swasta bisa di gunakan untuk hal tersebut. Tetapi, bisa anda temui di kota kota besar, seperti : Jakarta, Bandung, Makaasar, dan kota kota besar lainnya.

“Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat”.

Tujuan pengaturan Rumah Sakit dalam UURS adalah untuk mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, memberikan perlindungan terhadap keselamatan pasien, masyarakat, lingkungan rumah sakit dan sumber daya manusia di rumah sakit, meningkatkan mutu dan mempertahankan standar pelayanan rumah sakit, dan memberikan kepastian hukum kepada pasien, masyarakat, sumber daya manusia rumah sakit, dan Rumah Sakit.

Pendirian RS sudah diatur dengan peraturan perundang-undangan terkait. Pada Pasal 7 UURS menyebutkan bahwa:

“Rumah Sakit yang di dirikan oleh swasta sebagaimana yang di maksud pada ayat (2) harus berbentuk badan hukum yang kegiatan usahanya hanya bergerak di bidang perumahsakitan.”

Daftar rumah sakit swasta Terbaik Dengan Fasilitas Modern :

A. Rumah Sakit Siloam

Siloam Hospitals Group (Siloam) adalah jaringan rumah sakit swasta yang terdepan di Indonesia, dan telah menjadi benchmark (nilai standar) pada pelayanan kesehatan berkualitas di Indonesia.

Untuk memenuhi kebutuhan pelayanan medis di indonesia, siloam economies of scale (prinsip skala ekonomis) membangun bisnis rumah sakit yang modern, Sehingga, RS siloam berhasil menjadi rumah sakit dengan pembiayaan yang relatif murah dan terjangkau.

Oleh karena itu, tim medis Siloam memiliki lebih dari 2.700 dokter umum dan dokter spesialis. Serta 10.000 perawat dan staf pendukung lainnya yang telah melayani hampir 2 juta pasien setiap tahunnya.

Bahkan, pasien RS siloam ini terbilang meningkat dari tahun ke tahun berikutnya. Oleh karena itu, sering sekali rumah sakit siloam membuka lowongan kerja bagi yang ingin menjadi perkerja pelayanan kesehatan atau yang sering di sebut bidan. Akan tetapi, jika ingin mendaftar harus memenuhi syarat syarat yang harus di siapkan. Tentunya, mata pelajaran atau jurusan kuliah harus sesuai dengan apa yang ingin di lamar.

Kini Rumah Sakit Siloam sudah menjadi salah satu rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap dengan pelayanan yang terbaik di Indonesia.

Beberapa Rumah Sakit Siloam Terbaik :

1. Siloam Hospitals Semarang

RS siloam Semarang

Kota semarang, Jawa tengah, Indonesia.

Buka 24 Jam.

Berlokasi strategis di area bisnis Peterongan Semarang, Siloam Hospitals Semarang adalah compact hospital yang dilengkapi dengan USG, X-Ray, dan CT Scan 64 Slices.

Siloam Hospitals Semarang menghadirkan rumah sakit yang nyaman dan didukung oleh para dokter spesialis, sub-spesialis, serta tenaga medis yang kompeten dan berpengalaman untuk memberikan pelayanan medis prima secara tepat, efektif, dan menyeluruh demi upaya penyelamatan dan pemulihan pasien. Instalasi Gawat Darurat 24 Jam kami didukung oleh tim medis profesional yang terlatih dan berpengalaman dalam penanganan kasus kegawatdaruratan, untuk memberikan bantuan terbaik bagi pasien yang membutuhkan perawatan medis segera.

2. Siloam Hospitals Yogyakarta

RS siloam Yogyakarta

Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Buka 24 Jam.

Rumah Sakit Siloam Yogyakarta atau Siloam Hospitals Yogyakarta adalah rumah sakit umum swasta yang berlokasi di Jl. Laksda Adisucipto No.32-34, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Siloam Hospitals Yogyakarta menyediakan berbagai layanan medis, didukung dengan peralatan medis yang canggih dan tim medis profesional  yang berpengalaman, dengan tujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat di Yogyakarta dan daerah sekitarnya.

Rumah Sakit Siloam Yogyakarta memiliki total luas bangunan 13.300 m2 dan terintegrasi dengan Lippo Plaza Yogyakarta.

3. Rumah Sakit Hospitals Kebon Jeruk

rumah sakit siloam kebon jeruk

Kota Jakarta Barat, Daerah khusus Ibu Kota, Indonesia.

Buka 24 Jam.

Siloam Hospitals Kebon Jeruk merupakan rumah sakit yang terletak secara strategis di Jakarta Barat, di samping jalan tol Jakarta-Merak. Siloam Hospitals Kebon Jeruk merupakan rumah sakit modern dengan berbagai macam pelayanan klinis yang komprehensif dan memiliki beberapa pusat unggulan seperti ortopedi, jantung, Unit Gawat Darurat (UGD), pencernaan, urologi, anak, dan saraf.

Rumah sakit hospitals kebon jeruk merupakan salah satu rumah sakit terbaik yang berada di kota jakarta khusunya jakarta barat. Upaya pemerintah dalam mewujudkan kesehatan rakyat dengan berdirinya RS ini menjadikan masyarakat lebih mudah untuk melakukan pengobatan atau merawat kesehatan.

Siloam Hospitals Kebon Jeruk juga meraih Grand Winner Asian Patient Safety Award untuk kategori Innovation in Safety Communication di India pada 5 September 2014 dan telah terakreditasi Joint Commission International (JCI) pada 13 Agustus 2016. Siloam Hospitals Kebon Jeruk juga terakreditasi Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dengan predikat PARIPURNA pada 18 Juli 2017.

B. Rumah Sakit Hermina

Hermina Hospitals merupakan sebuah kelompok usaha penyelenggara rumah sakit, yang mengkhususkan diri dalam bidang pelayanan spesialistik kebidanan, dan lainnya. Kemudahan bagi setiap pasien jika ingin melakukan dengan pembayaran BPJS. Di karenakan, RS hermina mendukung program pemerintahan melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Rumah sakit yang tidak kalah modern dengan rumah sakit lain, hospitals hermina memiliki sekitar 50 kamar dari berbagai kelas dari kelas 3 hingga VVIP dengan pelayanan yang ber kualitas.

Lembaga penyedia layanan kesehatan ini pertama kali di bangun oleh Sulaiman yang terletak di wilayah Bogor, Jawa barat dengan rumah sakit tipe C pada tahun 1999

Dengan, Status nirlaba yayasan yang berubah menjadi korporasi dengan nama medikaloka hermina pada tahun 1999.

Tentang Kami

Sebagai grup bisnis, Hermina Hospitals menawarkan layanan rumah sakit umum dan telah mengembangkan layanan komprehensif. didukung oleh perawatan spesialis. Dalam menjalankan fungsinya, Rumah Sakit Hermina menyediakan perawatan kesehatannya secara optimal dan profesional, di bawah nilai “Pertumbuhan, Kesehatan, Umur Panjang”. Hermina Hospitals berkomitmen untuk menyediakan layanan bagi pasien BPJS untuk mendukung program pemerintah di Indonesia.

Terwujud nya Hermina Hospital merupakan upaya pemerintah membangun rumah sakit modern dengan beberapa kelas yang lengkap.

Hermina Hospitals Terbaik Layanan 24 Jam :

1. RS Hermina Banyumanik

rumah sakit hermina banyumanik

Kota Semarang, Jawa tengah, Indonesia.

Layanan 24 jam.

2. RS Hermina Yogya

RS hermina yogyakarta

Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Layanan 24 jam.

Fasilitas

  • KTK (Klinik Tumbuh Kembang)
  • Hemodialisa
  • Gigi Spesialistik
  • PICU (Unit Perawatan Intensif Anak)
  • ICU/NICU (Unit Perawatan Intensif/Unit Perawatan Intensif Neonatal)
  • Fetomaternal
  • Perina
  • Thalasemia

3. RS Hermina Solo

RS hermina solo

Kota Surakarta, Jawa tengah, Indonesia.

Layanan 24 jam.

Rumah Sakit Umum Hermina Solo adalah rumah sakit anggota ke 20 dari Rumah Sakit  Hermina Group, Rumah Sakit Tipe C dengan Kepemilikan PT. Medikaloka Solo, berdiri sejak tahun 2014. Jumlah Tempat Tidur 120 TT dengan tenaga medis yang kompeten dan memiliki fasilitas penunjang medik yang lengkap. Pelayanan Unggulan RS Hermina Solo adalah: Echocardiografi, Uroflowmetri, Phacoemulsifikasi, Endoscopy THT, Neonatus Intensive Care Unit (NICU), ICU/NICU (Unit Perawatan Intensif/Unit Perawatan Intensif Neonatal), Perinatologi, Poliklinik Minggu, Klinik Tumbuh Kembang, Bobath, Poliklinik Gigi Spesialistik, Klinik Laktasi, Hemodialisa, Thalassemia, Hipnoterapi

Pelayanan Medis

1. Medical Check Up

2. Dokter Umum

3. Dokter Gigi Umum

4. Dokter Spesialis dan Sub Spesialis

5. Psikologi Klinis

6. Klinik Gizi Klinis

7. Klinik Nyeri

8. Klinik Laktasi

Pelayanan Penunjang

  1. Laboratorium
  2. Radiologi
  3. USG 3D/4D
  4. Echocardiografi
  5. Panoramic X-Ray
  6. CT Scan
  7. Uroflometri
  8. Laparoskopi
  9. OAE
  10. Endoskopi THT
  11. Phacoemulsifikasi
  12. NCT, Biometri, Autorefraksi

C. Rumah Sakit Pertamina

Terwujudnya Rumah Sakit Pertamina adalah upaya PT. Pertamina untuk membangun penyedia layanan kesehatan masyarakat. ehingga, semua masyarakat bisa melakukan pengobatan dengan harga yang terjangkau dengan fasilitas lengkap.

Informasi, Pertamina Bina Medika IHC merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang layanan kesehatan, memiliki jaringan rumah sakit terbesar dengan 75 Rumah Sakit dan lebih dari 143 Klinik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Visi Rumah Sakit Pertamina

Membangun Korporasi Kesehatan Indonesia Untuk Mewujudkan Ketahanan Kesehatan Nasional.

Misi Rumah Sakit Pertamina

  • Membangun kolaborasi ekosistem bidang usaha kesehatan.
  • Melakukan Aksi Korporasi terhadap bisnis health care Indonesia.
  • Memberikan Pelayanan Kesehatan dengan standar terbaik.
  • Menciptakan model bisnis baru integrasi data kesehatan berbasis digital.

MENGAPA MEMILIH RS PERTAMINA ?

Karena, Kebutuhan Anda Prioritas Kami Kami hadir memberikan pelayanan kesehatan terbaik dengan memprioritaskan kebutuhan pasien dan keluarga, Penyedia layanan kesehatan atau yang biasa di sebut rumah sakit pertamina ini di bangun pertaman kali, pada tahun 1967. Kemudian, Peresmian terjadi pada tahun 1972 yang di lakukan presiden ke 11 indonesia yakni soeharto.

Dengan layanan kesehatan yang berbasis Value Based Care yang di dukung teknologi, edukasi, dan riset. sehingga dapat memberikan pengalaman terbaik bagi pasien. Dahulu pada awal mulayan, pertamina hanya bertujuan untuk mengobati anggota keluarganya dan perkerja pt pertamina saja, Kemudian Pertamina mendirikan perusahaan ini pada tanggal 21 Oktober 1997, Agar lebih fokus pada bisnisnya. Dengan nama “PT Rumah Sakit Pusat Pertamina” untuk mengelola rumah sakit milik Pertamina.

1. Rumah Sakit Pertamina Cilacap

Rumah sakit pertamina cilacap

Kota Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia.

Layanan 24 jam.

2. RS Pusat Pertamina

RS Pusat pertamina

Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibu Kota, Indonesia.

Layanan 24 jam.

3. RS Pertamina Cirebon

RS pertamina cirebon

Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Indonesia.

Layanan 24 jam.

D. Rumah Sakit Pondok Indah

Rumah Sakit adalah Rumah Sakit yang terletak di kebayoran lama, Jakarta selatan, yang berdiri sejak tahun 1986. Salah satu keunggulan rumah sakit pertamina adalah memiliki fasilitas yang komplit dengan pelayanan yang ramah dan maksimal. Penanganan yang cepat akan di berikan di UGD RS. Pondok Indah.

Di Indonesia dan Asia rumah sakit Pondok indah merupakan satu satunya rumah sakit swasta modern yang terintegrasi digital.

RS Pondok Indah Puri Indah kembali berhasil mempertahankan gold seal akreditasi mutu dan pelayanan rumah sakit standar internasional dari Joint Commission International (JCI). Penghargaan pelayanan kesehatan di berikan kepada pondok indah dengan pelayanan UGD yang cepat dan terbaik.

Sebagai lembaga akreditasi internasional, JCI menetapkan standar tinggi dalam mengakreditasi sebuah rumah sakit yang di evaluasi secara konsisten oleh para pakar kesehatan berkaliber internasional dari berbagai negara.

3 Rumah Sakit Swasta Terbaik Pondok Indah :

1. RS Pondok Indah – Pondok Indah

RS pondok indah

Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia.

Layanan 24 jam.

2. RS Pondok Indah – Puri Indah

Rumah sakit Puri indah

Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia.

Layanan 24 jam.

3. Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya

RS Bintaro jaya

Kota Tangerang Selatan, Banten, Indonesia.

Layanan 24 jam.

Rumah sakit pondok indah adalah rumah sakit yang tergolong mewah dan lengkap. Sehingga RS ini sering muncul dalam sebuah dunia film. Sehingga, tidak heran bagi anda yang sering menonton film jika tidak asing lagi dengan berbagai macam rumah sakit pondok indah. Maka tidak heran jika RS pondok indah memiliki beraneka macam penghargaan.

Perbedaan rumah sakit umum dan swasta, yakni :

Rumah sakit negeri adalah rumah sakit yang dikelola oleh pemerintah (termasuk pemerintah daerah) dan badan hukum lain yang bersifat nirlaba. Sedangkan rumah sakit swasta adalah rumah sakit yang dikelola oleh badan hukum dengan profit yang berbentuk perseroan terbatas atau persero.

E. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Yang Terbaik Di Indonesia

Berbicara Mengenai rumah sakit, tentu hal itu tidak lepas dari sebuah fakultas kedokteran, fakultas adalah awal bagi seorang dokter untuk menjadi tenaga medis yang ahli dalam menangani penyakit. Jika anda memiliki minat untuk menjadi seorang dokter, maka haruslah anda menjalani pendidikan kedokteran terlebih dahulu.

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu universitas yang diminati banyak calon mahasiswa. UI memiliki kampus di Depok dan di kawasan Salemba, Jakarta Pusat. Di universitas negeri ini terdapat jurusan kedokteran yang telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Mata Kuliah yang akan dipelajari pada program studi ini di antaranya Empati Bio Etik Profesionalisme dan Human, Tumbuh Kembang, Kulit dan Jaringan Penunjang, dan Reproduksi. Universitas Indonesia menempati universitas terbaik di dunia dengan rangking ke 801–1.000 versi The Times Higher Education.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

niversitas negeri yang berada di kota Yogyakarta ini memiliki prgram studi kedokteran. Prodi kedokteran di UGM menjadi salah satu prodi populer yang berada dalam rumpun ilmu saintek, dan telah mendapatkan akreditasi A oleh oleh BAN-PT. Beberapa mata kuliah yang ada di prodi kedokteran di UGM ialah Prinsip Biomedik, Sistem Pernafasan, Sistem Saluran Kemih, Kedokteran Komunitas. Universitas Gadjah Mada menempati posisi ke lebih dari 1.201 sebagai universitas terbaik di dunia versi The Times Higher Education.

3. Universitas Airlangga (Unair)

Program studi kedokteran di Universitas Airlangga sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Bahkan di tiga jenjang kuliah, yakni S1, S2, dan S3 prodi Kedokteran ini terakreditasi A oleh BAN-PT. Beberapa mata kuliah yang diajarkan di Prodi Kedokteran Unair di antaranya Biologi Molekuler, Imunologi Dasar, Dasar Pertolongan Darurat, dan Otopsi Klinik. Universitas Airlangga menempati posisi ke lebih dari 1.201 sebagai universitas terbaik di dunia versi The Times Higher Education.

4. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Meneruskan studi pendidikan dokter di Semarang adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang berasal dari Jawa Tengah dan sekitarnya. Fakultas Kedokteran UNDIP sudah mendapatkan akreditasi A BAN-PT pada tahun 2017. Mahasiswa yang sedang menempuh jurusan pendidikan dokter di UNDIP tidak hanya mendapatkan bekal teori saja, tetapi juga kesempatan untuk praktik di rumah sakit berskala nasional milik kampus. Persipakan diri dengan baik karena kuota mahasiswa jurusan kedokteran UNDIP juga tidak terlalu banyak, sehingga persaingan akan semakin ketat.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Kampus yang terkenal di Kota Solo ini memiliki jurusan kedokteran yang alumninya sudah sukses dan tersebar di seluruh Indonesia. Jika ingin menjadi dokter profesional, kamu bisa langsung mendaftar jurusan tersebut di Fakultas Kedokteran UNS. Tenang saja, fakultas kedokteran di UNS sudah mendapatkan akreditasi A. Di fakultas tersebut juga terdapat jurusan psikologi saintek sebagai bahan pertimbangan apabila kamu tertarik menjadi seorang psikolog.

6. Universitas Brawijaya

Jurusan kedokteran di Kota Malang bisa kamu dapatkan dengan mendaftar di Universitas Brawijaya.Kampus ini pernah menduduki peringkat paling atas pada kategori pendaftar terbanyak pada saat seleksi SBMPTN tahun 2019. Bisa kamu bayangkan bagaimana ketatnya persaingan untuk bisa lolos jurusan kedokteran di kampus tersebut, apalagi Fakultas Kedokteran di Universitas Brawijaya sudah mendapatkan akreditasi A.

7. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Apabila kamu ingin meneruskan studi di jurusan kedokteran yang ada di Makassar, Universitas Hasanuddin adalah pilihan paling tepat. Kampus ini sudah menyandang predikat A pada jurusan kedokterannya. Oleh karena itu, persaingan untuk bisa di terima sebagai salah satu mahasiswa jurusan kedokteran Unhas pun cukup ketat. Selain itu, jurusan kedokteran di Unhas juga merupakan salah satu jurusan favorit yang banyak diminati ketika SBMPTN 2019.

8. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Kampus-kampus di Bandung memang cukup banyak peminat, tidak terkecuali Universitas Padjadjaran. Persaingan untuk bisa di terima di jurusan kedokteran yang sudah terakreditasi A di UNPAD pun terbilang sangat ketat. Jurusan kedokteran di UNPAD memiliki banyak peminat, mirip seperti jurusan manajemen yang jumlah pendaftarnya mencapai ribuan orang setiap tahun.

9. Universitas Andalas (Unand)

Kota Padang memiliki Universitas Andalas yang menyediakan jurusan kedokteran. Sebagai salah satu jurusan favorit di kampus tersebut, perjuangan masuk ke Universitas Andalas tentu tidak mudah. Namun, jika kamu sudah di terima sebagai salah satu mahasiswanya, kamu bisa menimba banyak ilmu dari dosen-dosen berkualitas serta mendapatkan peluang jenjang karier yang cerah. Universitas Andalas juga sudah meraih akreditasi A pada tahun 2016.

10. Universitas Jember (Unej)

Kampus di Jawa Timur yang juga menjadi kampus favorit adalah Universitas Jember. Menyandang sebagai PTN terbesar di Jawa Timur, kampus ini menyediakan jurusan kedokteran terakreditas A. Kamu tidak hanya akan di tuntut untuk bisa paham teori saja, tetapi juga menguasai berbagai macam kegiatan praktikum. Lulusan jurusan kedokteran Universitas Jember banyak di cari di instansi kesehatan di Jawa Timur. Jadi, tidak perlu khawatir masalah karier.

Daftar Universitas dengan fakultas kedokteran terbaik di indonesia tersebut bukan data abal abal. Pasalnya, data tersebut sudah melalui servey mentri pendidikan dan mentri pendidikan. Serta, ribuan dokter yang sudah menjadi tenaga medis profesional.