Uncategorized

RUMAH SAKIT DR. CIPTO MANGUNKUSUMO (RSCM)

Rumah sakit  dr. cipto mangunkusumo

RSCM atau Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo adalah rumah sakit umum milik pemerintah dengan pelayanan terlengkap di Indonesia. Status tersebut di berikan melalui SK Menkes no YM.01.10/III/2212/2009. Sejarah berdirinya rumah sakit ini di mulai sejak masa pendudukan Belanda di Jakarta. Dengan berdirinya RSCM ini adalah wujud upaya pemerintahan dalam membangun pelayanan rumah sakit yang modern dengan fasilitas lengkap.

Hal yang harus anda ketahui. Bahwa Rumah sakit ini memiliki kesamaan dengan rumah sakit dr. hasan sadikin mengenai bagaimana pelayanan UGD yang tersedia, Seperti Pembayaran bisa menggunakan sistem BPJS. selain itu, Kesamaan lain tentang kedua rumah sakit adalah Rumah sakit dengan tipe A dengan rujukan nasional.

Rumah sakit yang modern ini memiliki fasilitas yang baik dengan rumah sakit lainnya. Namun, jangan salah rumah meskipun rumah sakit ini memiliki tema kepahlawanan, nyatanya rumah sakit ini menjadi rumah sakit umum terdekat untuk masyarakat senen, jakarta pusat.

Jenis RSCM adalah jenis rumah sakit umum yang berbeda dengan swasta, RS umum memiliki ruangan khusus untuk pasien yang memiliki penyakit khusus dalam jangka waktu tertentu.

A. Tenaga Medis 

Dalam dunia kesehatan khusunya rumah sakit umum pusat nasional dr. cipto mangunkusumo memiliki beberapa tenaga medis yakni :

  • Dokter Umum : 46
  • Dokter Spesialis : 614
  • Dokter Gigi : 27
  • Dokter Gigi Spesialis : 71
  • Residen : 1089
  • Perawat : 1454
  • Paramedis non Perawat : 107
  • Koas : 300
  • Non Media : 2191

Tenaga medis adalah seseorang yang berprofesi sebagai perawan atau dokter yang membantu proses penyembuhan kepada pasien atau orang yang berobat di suatu tempat yakni Rumah sakit.

Dengan banyaknya terkait tenaga medis yang terkait dengan RSCM mangunkusumo, tak heran jika, rumah sakit ini adalah salah satu rumah sakit umum terbesar yang berada di kota jakarta.

rumah sakit dr. cipto mangunkusumo

Alamat: Gedung A, Jl. Pangeran Diponegoro No.71, RW.5, Kenari, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10430.

RSCM atau Rumah sakit dr. Cipto Mangunkusumo adalah rumah sakit dengan kelas A. Seperti dalam pasal 18 ayat 1 huruf a merupakan rumah sakit umum yang mempunyai jenis fasilitas dan kemampuan pelayanan medis paling sedikit 4 spesialis dasar, penunjang medus spesialis,12 spesialis lain selain spesialis dasar .

B. Perbedaan RSUP dengan RSUD

Meskipun kedua jenis rumah sakit adalah hak milik pemerintah. Namun RSUP (rumah sakit umum pusat nasional dr. cipto mangunkusum) merupakan milik pemerintah pusat yang mengacu pada Dapartemen dalam negri, Sedangkan RSUD tetap berada di bawah koordinasi dapartemen kesehatan.

Di Indonesia ribuan dokter dan tenaga kesehatan lain, bersama melayani ribuan pasien yang setiap harinya berkunjung ke rumah sakit hasan dr cipto mangunkusumo. RSCM merupakan rumah sakit rujukan nasional yang di kelola pemerintah dan merupakan tempat pendidikan dokter umum, dokter spesialis, sub spesialis, perawat, perawat spesialis, serta masih banyak tenaga kerja lainnya.

Pemerintah RI meresmikan gedung perawatan baru dengan ketinggian 8 lantai pada tahun 2008, gedung ini merupakan gedung rawat inap terpadu gedung A, dan gedung ini merupakan gedung RSCM dengan kapasitas hampir 700 tempat tidur.

C. Visi Dan Misi RS Cipto Mangunkusumo RSCM Jakarata

Pada tahun 2008 di resmikan oleh Presiden RI gedung perawatan baru dengan ketinggian 8 lantai yaitu Unit Rawat Inap Terpadu Gedung A. Gedung ini merupakan gedung rawat inap utama RSCM dengan kapasitas hampir 700 tempat tidur.

Pada tahun 2010 Menteri Kesehatan RI meresmikan Gedung RSCM Kencana dengan Pelayanan Berkelas Internasional (sebelumnya akan di beri nama International Wing). Gedung berlantai 6 ini berkapasitas 30 tempat tidur. Selain RSCM Kencana, Menkes juga meresmikan Laboratorium Terpadu RSCM.

Pada tahun 2013 Presiden RI meresmikan Gedung RSCM Kirana untuk pelayanan paripurna kesehatan mata. Gedung berlantai 6 tersebut terletak di Jalan Kimia, Cikini, Jakarta Pusat.

Pada tahun 2011 di mulai pembangunan Gedung Pusat Kesehatan Ibu dan Anak (PKIA) sampai dengan Januari 2014 pembangunannya masih dalam tahap penyelesaian akhir.

Visi RSCM adalah menjadi rumah sakit umum pusat rujukan di indonesia terdepan dalam pelayanan kesehatan, pendidikan dan penelitian yang berstandar internasional.

Misi RSCM adalah :

a. Memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna dan profesional berstandar internasional.

b. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan semesta berbasis institusi maupun komunitas melalui AHS (academic Health System).

c. menyelenggarakan pendidikan dan penelitian yang menghasilkan tenaga kedokteran dan kesehatan unggul.

d. menyelenggarakan rumah sakit berbasis smart hospitals.

e. menyelenggarakan sistem manajemen RS dengan tata kelola yang handal dan akuntabel.

Nama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di ambil dari nama Dr. Tjipto Mangoenkoesoemo, yakni tokoh perjuangan pada masa kolonial.

D. Layanan unggulan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo

Berikut ini layanan unggulan yang tersedia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta.

1. RSCM Kencana

RSCM Kencana memiliki 71 kamar tidur yang terdiri dari kamar VIP, VVIP, suite room, dan president suite.

2. Departemen Medik Mata/RSCM Kirana

Departemen Mata RSCM menyediakan layanan untuk penyakit glaukoma, vitreoretina, katarak bedah refraktif, lasik, dan poliklinik mata.

Terdapat 31 tempat tidur dengan 1 ruang tidur VIP, 4 ruang tidur kelas I, 6 tempat tidur kelas II, dan 20 tempat tidur kelas III.

3. Instalasi Pelayanan Jantung Terpadu (PJT)

Layanan jantung terpadu RSCM ini meliputi  konsultasi, diagnostik non invasif, diagnostic jantung, intervensi jantung, vascular & perifer, dan pembedahan jantung. 

Cek kisaran biaya penyakit jantung sebagai persiapan di artikel yang ada di Lifepal!

4. PKIA RSCM Kiara

Pusat Kesehatan Ibu dan Anak (PKIA) RSCM terdiri atas 12 lantai terdiri dari poliklinik ibu dan anak. Di antaranya yakni poliklinik alergi-imunologi, poliklinik nefrologi, poliklinik gizi & dietik, poliklinik hematologi, poliklinik pediatric sosial, dan poliklinik kardiologi.

5. Unit Pelayanan Onkologi dan Radiasi

Unit pelayanan ini menjadi salah satu yang terlengkap di Indonesia. Layanan unggulan onkologi dan radiasi yang di miliki yakni Intensity Modulated Radiation Therapy (IMRT), Tomotherapy, dan Stereotactic Ablative Body Radiotherapy (SABR/SBRT)

6. Pelayanan HIV

Pelayanan HIV Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo yaitu memberikan ARV melalui program  akses khusus.

7. UPT Sel Punca

UPT untuk Stem Cell Therapy dapat melakukan beberapa terapi translasi, seperti terapi sel punca untuk patah tulang gagal sambung, terapi sel punca untuk defek tulang rawan, terapi sel punca untuk cedera saraf pusat, terapi sel punca untuk infark mikoard dan end stage cardiac disease, terapi sel punca untuk penyakit pembuluh darah perifer, dan terapi Cultured Epithelial Autograft pada pasien luka bakar.

8. Transplantasi Ginjal

Unit transplantasi ginjal RSCM menyediakan alat-alat pendukung seperti unit hemodialisis, unit peritoneal di alysis, dan tim perawat di alisis yang berpengalaman. RSCM telah melakukan lebih dari 700 prosedur transplantasi ginjal.

Jika kamu mengalami infeksi ginjal, kamu juga bisa melakukan pengobatan di RSCM, karena fasilitasnya cukup lengkap.

9. Transplantasi Hati

Pasien yang memerlukan transplantasi hati adalah pasien yang menderita kerusakan hati permanen akibat infeksi virus hepatitis, intoksikasi obat-obatan, keganasan, penyakit autoimmune, atau kelainan bawaan seperti atresia bilier dan alagille syndrome.

RSCM telah berhasil melakukan transplantasi hati pada 5 pasien, di antaranya 2 pasien dewasa dan 3 pasien anak dengan angka keberhasilan operasi 100%.

10. Pelayanan Gamma Knife

Gamma knife adalah metode untuk bedah saraf yang tidak menggunakan pisau melainkan Sinar Gamma. Penyakit yang bisa di terapi dengan Gamma Knife yakni tumor jinak dan ganas, gangguan pembuluh darah, gangguan fungsional otak, dan gangguan penyakit mata.

11. RSCM Kintani

Unit medik kebidanan dan penyakit kandungan ini memiliki layanan klinik di antaranya Keluarga Berencana, Infertilitas dan Endometriosis, deteksi tumor ginekologi, dan uroginekologi dan ginekologi estetik.

12. ICTEC

Indonesian Clinical Training and Education Centre) adalah pusat pelatihan dan simulasi klinis yang di miliki Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Pelatihan bertaraf internasional ini mencakup aesthetic updates, pelatihan bedah mikro, pelatihan kegawatdaruratan, pelatihan bedah laparoskopi, dan pelatihan simulatif dalam bidang urologi.

13. Implant Cochlea

Tindakan medis untuk telinga ini di lakukan dengan menanamkan sejenis peranti digital di dalam telinga untuk menggantikan fungsi koklea yang rusak. Dengan demikian pasien mampu mendengar kembali.

E. Layanan medis lainnya Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo

1. Klinik Rawat jalan

  1. Alergi Imunologi / Imunologi Anak
  2. Divisi Gastroenterologi
  3. Poliklinik Kebidanan dan Kandungan
  4. Poliklinik Jiwa Dewasa
  5. Poliklinik Madya
  6. Poliklinik Ginjal Hipertensi
  7. Poliklinik Reumatologi
  8. Poliklinik Bedah Plastik
  9. Endokrinologi Anak
  10. Poliklinik Hepatologi
  11. Poliklinik Jiwa Anak dan Remaja
  12. Poliklinik Psikosomatik
  13. Neurologi Anak
  14. Gastro-Hepato Anak
  15. Hemato-Onkologi Anak
  16. Poliklinik Penyakit dalam
  17. Poliklinik Orthopaedi Dewasa  / Anak
  18. Poliklinik Tropik dan Infeksi
  19. Poliklinik Akupuntur
  20. Poliklinik Bedah Saraf
  21. Poliklinik Nefrologi / Nefrologi Anak
  22. Pediatri Sosial Anak
  23. Respirologi Anak
  24. Poliklinik Kardiologi Anak
  25. Pelayanan Kedokteran Kerja – Okupasi

2. Rawat inap

Unit Rawat Inap Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo berada di gedung A. Gedung ini seluas 26.000 meter persegi dan terdiri dari 8 lantai, terdiri dari 169 kamar rawat, dengan total kapasitas 645 tempat tidur.

3. Pelayanan penunjang

Berikut ini pelayanan penunjang di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo:

  • KSM Patologi Klinik
  • Departemen Medis Radiologi
  • KSM Rehabilitasi Medis
  • KSM Patologi Anatomi
  • Apotik
  • Transfusi Darah

4. Fasilitas

Fasilitas yang terdapat di RSCM yakni:

  • Apotik/Farmasi
  • Rumah Singgah
  • Masjid/Mushola
  • Kantin dan Fotocopy
  • Parkir

F. Waktu kunjungan pasien Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menjadwalkan kunjungan pasien demi kenyamanan. Berikut jadwalnya:

  • Senin – Jumat pukul 17.00 – 18.30 WIB
  • Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional pukul 11.00 – 12.00 WIB dan 17.00 – 18.30 WIB

G. Alur pendaftaran Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo

Untuk berobat, kamu bisa melakukan pendaftaran secara offline maupun online.

Daftar offline RSCM

Untuk pasien baru rawat jalan:

  • Pasien peserta JKN datang dan di terima oleh petugas humas bagian pemasaran untuk skrining pasien dan pemberian informasi RSCM
  • Pasien membawa dokumen kepesertaan BPJS Kesehatan kepada Petugas BPJS Kesehatan
  • Pasien menuju petugas unit admisi untuk entri data dan proses administrasi lainnya
  • Pasien di arahkan menuju unit pelayanan

Untuk pasien baru rawat inap:

  • Pasien datang dan di terima loket pelayanan admisi rawat inap
  • Pasien mendaftar admisi rawat inap, mengurus penerbitan Identitas Pasien Rawat Inap (IPRI), dan administrasi lainnya
  • Bagi pasien peserta JKN, pasien menuju loket BPJS Kesehatan untuk verifikasi dan penerbitan SEP Rawat Inap
  • Pasien di arahkan menuju ruang rawat inap

Daftar online RSCM

Untuk kamu yang ingin mendaftar melalui online juga bisa, kok. Berikut ini beberapa alurnya.

  • Download aplikasi RSCMku
  • Pilih Perjanjian Online
  • Klik tanda plus (+)
  • Pilih tanggal kunjungan
  • Pilih poli atau spesialis yang akan d tuju
  • Pilih dokter dan jadwal kunjungan
  • Pilih jenis pembayaran
  • Kemudian akan muncul resume perjanjian yang sudah di buat
  • Pilih Buat Perjanjian
  • Perjanjian kamu berhasil di lakukan

Untuk menghindari antrian, sebaiknya datang 30 menit sebelum jadwal kunjungan dokter, ya.

H. Perusahaan asuransi rekanan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo

RSCM telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan asuransi, di antaranya:

  • Asuransi Sinar Mas
  • Asuransi Jiwa Generali Indonesia
  • Asuransi BRI Life
  • Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia
  • Lippo General Insurance
  • Asuransi Astra Buana
  • Asuransi Jiwa Central Asia Raya
  • Asuransi Reliance Indonesia
  • Asuransi Takaful Keluarga

I. Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan

Meskipun sebisa mungkin kita menghindari sakit, namun risiko tersebut tetap ada. Sehat itu mahal benar adanya. Sehingga, perlu perencanaan keuangan untuk menghadapi situasi ketika penyakit menyerang.

Asuransi kesehatan sangat penting di miliki. Seperti yang kita tahu, biaya kesehatan, terutama ketika di rawat di rumah sakit persahabatan tidaklah murah. Belum lagi berbagai prosedur seperti kontrol rutin, obat, dan terapi.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu dapat mengurangi biaya mahal penanganan medis. Nah, asuransi kesehatan Lifepal menyediakan proteksi terbaik buat kamu.