RSUD Cempaka Putih RS Khusus Sepuluh Medis Dipindah

JAKARTA, – Pimpinan RSUD Cempaka Putih, Jakarta, memindah sepuluh petugas medis yang termasuk dalam kelompok rentan seperti berusia tua atau memiliki penyakit bawaan (komorbid).

Langkah hal yang demikian dilakukan sesudah menjadi salah satu rumah sakit acuan di Jakarta Pusat khusus menangani kasus Covid-19.

“Kekuatan medis yang telah berusia tua serta yang punya penyakit komorbid ada 10 orang. Mereka kita pindahkan ke Puskemas dan RSUD terdekat, lalu diganti dengan kekuatan medis yang masih berusia muda serta tidak punya penyakit komorbid,” kata Kepala RSUD Cempaka Putih Winarto ketika dijumpai di RSUD Cempaka Putih, Rabu (9/9/2020), seperti dikutip Antara.

Langkah itu diambil untuk memutus potensi depo 10k penyebaran Covid-19. Nantinya kesepuluh petugas medis yang dipindahkan itu bertugas di Puskesmas Cempaka Putih atau di RSUD Johar Baru.

Winarto menetapkan layanan bagi masyarakat umum cuma tersedia sampai Rabu ini. Mulai Kamis (10/9/2020) esok hari, rumah sakit itu akan dikhususkan menangani pasien Covid-19.

“Untuk poliklinik rawat jalan hari ini merupakan hari terakhir kami melayani. Terhitung mulai esok hari kita telah tidak melayani,” kata ia.

Untuk itu, pihaknya memberi nasehat masyarakat ke RSUD Johar Baru untuk rumah sakit pemerintah dan swasta di RS Islam Cempaka Putih.

Sebelumnya, pada Selasa (8/9), tiga RSUD yang ada di wilayah Kota Jakarta Pusat akan dikhususkan untuk menangani kasus Covid-19 sehingga nantinya pelayanan umum bagi masyarakat tidak lagi dilakukan di tiga rumah sakit itu sampai batas waktu yang belum ditetapkan.

“Tiga RSUD itu merupakan RSUD Cempaka Putih, Tanah Abang dan Sawah Besar,” kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari ketika dihubungi, Selasa (8/9).

Tiga RSUD itu termasuk 13 RSUD yang ditunjuk oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai rumah sakit khusus untuk penanganan Covid-19 mengingat angka kasus positif terus bertambah tiap harinya di Jakarta.