Polisi Gandeng Kemenkes dan RSUD Untuk Persiapkan Operasi Ketupat 2024

Polisi Gandeng Kemenkes dan RSUD Untuk Persiapkan Operasi Ketupat 2024

Apr 5, 2024 by smartoil

JAKARTA, – Untuk mengamankan dan mendukung suksesi jalannya mudik Lebaran, pihak Kepolisian bakal menyelenggarakan Operasi Ketupat 2024 dan berkoordinasi dengan banyak pihak. Selain pihak dan stakeholder penyedia layanan infrastruktur seperti Jasa Marga, Operasi Ketupat 2024 juga akan melibatkan instansi pemerintahan lintas sektor, salah satunya adalah Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Kasubag slot gacor 777 Renops Bagops Korlantas Polri AKBP Bargani sebagai pengawas Operasi Ketupat 2024 menjelaskan, Kemenkes akan bantu menyediakan bantuan bagi para pemudik dengan cara mendirikan posko-posko kesehatan.

Posko kesehatan ini juga akan tergabung di dalam layan posko mudik milik Kepolisian. Bargani mengatakan, jumlah totalnya adalah 5.784 unit dan tersebar di sepanjang area jalur mudik. “Persiapan Operasi Ketupat tahun ini berjalan baik, kami (Polisi) akan menyediakan posko unit khusus yang jumlahnya 5.784 posko. Layanannya lengkap,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/3/2024). Dia menambahkan, Kemenkes juga akan menyediakan akses langsung ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dengan penyediaan unit-unit ambulans, jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Kemenkes akan bantu koordinasi juga dengan RSUD di tiap-tiap wilayah, dan di posko-posko modik yang besar, akan disiagakan ambulans,” ucap dia. Dengan adanya koordinasi dari hulu ke hilir, Bargani mengaku optimistis jika agenda Operasi Ketupat tahun ini bisa berjalan kondusif dan mampu memberikan dukungan penuh bagi para pemudik. Untuk diketahui, Operasi Ketupat 2024 akan berlangsung secara serentak selama 13 hari, mulai tanggal 4 April sampai 16 April.