Polisi Bongkar Kasus Penyelundupan Narkoba Variasi LSD Jaringan Jerman, Diduga Sasar Pelajar

Polisi Bongkar Kasus Penyelundupan Narkoba Variasi LSD Jaringan Jerman, Diduga Sasar Pelajar

Mar 17, 2024 by smartoil

Polisi mengungkap upaya penyeludupan narkoba ragam Lysergic Acid Diethylamide atau biasa dikenal dengan sebutan LSD.

Dalam kasus ini, satu orang kurir diciduk beserta barang bukti 2.500 lembar LSD.

Narkotika ragam LSD atau Lysergic Acid Diethylamide kita amankan 1 tersangka atas nama NK sebagai kurir dan pengedar. ini barang bukti 2.500 lembar LSD atau Lysergic Acid Diethylamide,\\\” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki ketika konfrensi pers, Jumat (15/3/2024).

Hengki menjelaskan, LSD atau Lysergic Acid Diethylamide diseludupkan dari Jerman lewat perusahaan ekspedisi barang di Indonesia. Mereka menyamarkan seolah-olah yang dikirimkan bukanlah narkoba tetapi perangko.

\\\”Jadi modusnya lebih ke pengemasannya. Seandainya orang bawa mungkin kita tak percaya rekan-rekan, tetapi ini narkotik klasifikasi satu dia sejenis ekstasi, yang sistem penerapannya malahan diletakkan di langit-langit atau di bawah bibir,\\\” ujar dia.

Hengki menuturkan NK beperan mengedarkan slot mahjong barang-barang di Indonesia. Dia menawarkan satu kotak isinya 25 lembar LSD dipatok dengan harga Rp 100 ribu. Tak ayal, kata Hengki, keuntungan yang didapat oleh sindikat ini tergolong besar.

\\\”Sindikat ini mengedarkan 5 lembar ini saja dapat mendapat Rp 250 juta jika dipasarkan Rp 100 ribu jika dipasarkan per perangko yang kecil ini, makannya kami ucap perangko sebab dia kertas tetapi mengandung narkotika klasifikasi satu,\\\” ujar dia.

Sasar Pelajar
Hengki menyebut, tersangka menyasar pelajar dan kaum remaja. Karena itu, dia membuat gambar-gambar animasi untuk mengelabui seakan-akan yang dipasarkan tak membahayakan untuk dikonsumsi.

\\\”Modus-modus yang ada gambar animasi seperti ini seperti prangko kayak ini mirip. Seandainya kita katakan ini sejenis perangko sebab lebar panjangnya malahan hampir mirip prangko,\\\” ucap dia.

Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan
Hengki kemudian mengimbau kepada masyarakat terutamanya ayah dan ibu lebih meningkatkan pengawasan kepada putra-putri di rumah.

Karena, amat susah membedakan antara LSD dengan prangko biasa.

Di sisi lain, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, NK dijerat Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 Undang-Undang RI No 35 Tahun 2009 perihal narkotika.