Peringatan Hari Kesehatan Dunia 2022

Peringatan Hari Kesehatan Dunia 2022, Fokus Pada Masalah Kesehatan Planet Bumi dan Masyarakatnya

Hari Kesehatan Dunia atau World Health Day diperingati pada tanggal 7 April tiap tiap tahunnya. Peringatan ini juga erat kaitannya bersama dengan pembentukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pada Desember 1945, pejabat Brasil dan Cina mengusulkan pembentukan organisasi kesehatan internasional. Setengah th. kemudian, di New York, pada Juli 1946, konstitusi Organisasi Kesehatan Dunia disetujui. Konstitusi selanjutnya terasa berlaku pada tanggal 7 April 1948, selagi 61 negara diberi tanda tangan persetujuan.

Sebagai keliru satu tindakan resmi pertama WHO, diciptakan perayaan Hari Kesehatan Dunia. Peringatan ini pertama kali pada 22 Juli 1949, tapi diubah menjadi 7 April, bertepatan bersama dengan pembentukan WHO.

Tema peringatan Hari Kesehatan Dunia joker123 gaming pada th. 2022 ini ialah “Planet Kita, Kesehatan Kita (Our Planet, Our Health)”, yang tentu saja terkait segera bersama dengan suasana kesehatan bumi dan masyarakat.

“Kita memandang tema yang diambil alih ini tersedia dua perihal sebenarnya yang pertama kaitannya bersama dengan bumi kita. Bumi ini adalah alam lingkungan, sesudah itu yang ke dua kaitan bersama dengan kesejahteraan manusia di bidang kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, drg. Hary Agung Tjahyadi, M.Kes., pada Jum’at, 8 April 2022.

Pada masa kini, polusi udara, air yang terkontaminasi, sanitasi yang tidak cukup juga pengelolaan limbah padat, risiko yang tentang bersama dengan bahan kimia beresiko tertentu, dan dampak negatif berasal dari pergantian iklim adalah ancaman kesehatan penduduk lingkungan yang paling mendesak.

Sehingga, keliru satunya adalah tata kelola pemukiman menjadi perhatian tertentu yang mestinya berorientasi pada pembangunan yang berwawasan kesehatan.

“Bicara mengenai kebersihan lingkungan ya penataan rumah yang sehat, sesudah itu tata pemukiman penduduk desa atau di komplek sampai secara luas kabupaten atau kota ini seluruh diinginkan berorientasi pada pembangunan yang berwawasan kesehatan,” lanjut Kadis Kesehatan Kalbar.

Tema Planet Kita, Kesehatan Kita ini, drg. Hary Agung melanjutkan, wajib menjadi pengingat bahwa penyelesaian persoalan kesehatan wajib kerja sama bersama dengan banyak pihak, tak hanya pemerintah, tapi juga masyarakat.

“Intinya persoalan kesehatan itu tanggung jawab dan peran seluruh elemen baik itu pemerintah, swasta, penduduk dan seluruh sektor kehidupan, tidak hanya di bidang kesehatan saja. Ada sektor lain yang memiliki dampak besar didalam pembangunan kesehatan,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar juga mengajak untuk terasa lakukan giat hidup sehat sebagai usaha kita merawat kesehatan bumi kita ini, dan juga sebagai usaha merawat diri berasal dari segala bentuk penyakit yang mengancam masa depan.

“Pada Hari kesehatan dunia ini aku mengajak kepada seluruh penduduk untuk berperilaku hidup sehat dan bersih. Dengan perilaku hidup sehat dan bersih kita dapat memiliki peran kepada alam lingkungan kita. Berperilaku hidup sehat dan bersih ini juga dapat membawa kita mengurangi risiko pada penyakit-penyakit yang mampu menginfeksi kita. Dan bersama dengan hidup bersih dan sehat, kita juga dapat membawa dampak generasi kita ke depan menjadi SDM yang memiliki kualitas untuk area dan bangsa negara ini,” pungkasnya. (dny)