Makanan Burung Kakatua Supaya Burung Sehat dan Berbulu Menawan

Burung kakatua merupakan salah satu burung yang mempunyai banyak peminat, apakah dulur salah satunya? Kalau beratensi memelihara atau bahkan membudidaya maka penting bagi dulur untuk mengetahui makanan burung kakatua yang ideal.

Pakan yang ideal memastikan kandungan gizi dalam pakan yang layak dengan kebutuhan burung. Nah, berikut ini merupakan penjelasan selengkapnya mengenai kebutuhan gizi burung kakatua hingga tipe pakan yang ideal.

Keperluan Nutrisi pada Pakan Burung kakatua
Untuk menunjang kesehatan burung agar terlihat lebih berstamina dan aktif, dulur perlu memperhatikan asupan gizi yang ada pada burung kakatua. Asupan gizi pada burung kakatua dapat dulur berikan via makanan.

Nutrisi utama yang untuk burung kakatua antara lain:

Protein
Vitamin
Mineral
Kecuali tiga kebutuhan tersebut, burung agen sbobet kakatua juga membutuhkan gizi tambahan lainnya. Oleh sebab itu, pastikan dulur memberikan makanan yang sehat dan sepadan.

Nah, untuk mengetahui tipe pakan yang dapat dulur berikan untuk burung kakatua, dulur dapat menyimaknya pada penjelasan berikut ini.

Ragam Makanan Untuk Burung Kakatua

Makanan yang dapat dulur berikan untuk kakatua memastikan kebutuhan gizi burung. Kecuali itu, burung kakatua juga mempunyai menu unggulan mereka. Nah, simak ya dulur beberapa tipe makanan berikut agar peliharaan dulur semakin nafsu makan.

1. Buah-buahan
Salah satu tipe makanan yang penting untuk kesehatan burung kakatua merupakan buah-buahan. Buah mengandung banyak vitamin yang menolong menstabilkan, menyegarkan tubuh, dan menolong pertumbuhan bulu agar lebih indah.

Buah yang lazim menjadi makanan burung kakatua seperti apel, jeruk, pir, anggur, atau kasih. Pastikan juga untuk menghilangkan biji pada buah, sebab biji pada beberapa buah seperti biji pada apel yang mengandung zat racun bagi burung.

Pastikan buah-buah mempunyai kwalitas yang bagus, segar. Hindari memberikan buah yang terlalu matang atau busuk. Karena dapat mengganggu kesehatan pada burung kakatua.

2. Biji-bijian
Ini merupakan makanan utama dari burung kakatua. Biji-bijian termasuk komponen penting dalam pakan burung kakatua sebab mengandung gizi yang penting seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan serat.

Namun, tidak segala tipe biji-bijian dapat menjadi makanan burung kakatua. Beberapa biji yang lazim menjadi makanan burung kakatua sebagai berikut.

Biji bunga sang surya
Pakan ini kaya akan vitamin E, selenium, magnesium, dan serat. Pastikan untuk memberikan biji bunga sang surya yang tidak asin. Karena berbahaya kesehatan pada burung.

Jagung
Pakan jagung mengandung karbohidrat tinggi dan serat. Dulur dapat memberikan jagung dalam format kernel atau cob corn yang dipotong menjadi potongan kecil.

Biji labu
Pakan biji labu mengandung lemak sehat, serat, seng, dan magnesium. Burung Kakatua dapat merasakan biji labu segar atau kering.

Biji wijen
Pakan biji wijen mengandung lemak sehat, serat, kalsium, zat besi, dan magnesium. Berikan biji wijen dalam jumlah sedikit sebab ukurannya kecil dan lebih susah dikonsumsi oleh burung kakatua. Dulur dapat mempersembahkan biji wijen dengan menaburkannya di atas makanan utama.

Kacang tanah
Pakan ini merupakan sumber protein nabati yang bagus untuk burung Kakatua. Kacang tanah juga mengandung lemak sehat, serat, vitamin E, dan magnesium. Pastikan juga untuk memberikan kacang tanah yang tidak asin.

Kacang polong
Pakan ini mengadung protein, serat, zat besi, dan vitamin C. Dulur dapat memberikan kacang polong segar atau kering. Pastikan untuk memasak kacang polong terlebih dahulu dan jangan memberikan varietas kacang polong yang manis.

3. Sayur Mayur
Makanan burung kakatua selanjutnya merupakan sayuran. Sayuran bagus untuk kesehatan burung kakatua. Pakan ini mengandung banyak gizi dan serat. Berikut beberapa sayuran yang bagus untuk burung kakatua.

Wortel
Pakan wortel kaya akan vitamin A, serat, dan mineral seperti kalium. Dulur dapat memberikan potongan-potongan kecil atau diberikan secara langsung. Namun, pastikan untuk mencuci dan mengupas wortel terlebih dahulu.

Brokoli
Sayur brokoli mengandung vitamin C, vitamin K, serat, dan beberapa mineral seperti zat besi dan kalsium. Brokoli yang diberikan sepatutnya dikukus atau direbus terlebih dahulu.

Bayam
Sayur bayam mengandung vitamin C, vitamin A, zat besi, dan serat. Bayam dapat dulur berikan ke burung kakatua dengan dicincang halus.

Paprika
Sayur paprika mengandung vitamin C, vitamin A, dan serat, yang berkhasiat bagi burung kakatua. Sebelum memberikan paprika, pastikan untuk mencuci paprika.

4. Pelet
Pakan berupa pelet merupakan tipe makanan yang diciptakan khusus untuk burung, yang dikemas dalam format bola-bola kecil atau serpihan. Pastikan untuk memilih pelet makanan yang berkualitas dan dirancang khusus untuk burung kakatua.

Perlu dipahami bahwa pelet makanan sebaiknya tidak menjadi satu-satunya makanan burung kakatua. Penting untuk memberikan tipe makanan dengan memberikan buah, sayur segar, biji-bijian, dan makanan tambahan lainnya.