Kendala Pasien JKN di Rumah Sakit Teratasi dengan Bantuan BPJS SATU!

Kendala Pasien JKN di Rumah Sakit Teratasi dengan Bantuan BPJS SATU!

Mei 5, 2024 by smartoil

Jakarta – Kehadiran BPJS SATU! atau BPJS Siap Membantu sangat mulai dinikmati manfaatnya oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang berada di fasilitas kesehatan (faskes).
Selain memberikan info ketidakhadiran, petugas BPJS SATU! juga dapat memecahkan kendala yang terjadi di lapangan bagi peserta JKN yang mempunyai hambatan ketika mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo Djamal Adriansyah membeberkan ketidakhadiran petugas BPJS SATU! ialah upaya BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan bagi peserta JKN yang sedang ada di fasilitas kesehatan untuk mendapatkan info maupun mempersembahkan kendala yang sedang dialaminya secara seketika.

Petugas BPJS SATU! juga akan slot qris menentukan peserta JKN yang sedang dalam pelayanan di faskes mendapatkan pelayanan yang optimal dan cocok ketetapan.

“Dengan hadirnya petugas BPJS SATU! peserta JKN yang sedang mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan dapat seketika mengkonfirmasi jikalau ada yang berkeinginan ditanyakan atau jikalau terjadi kendala, tanpa patut datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan lagi,” jelas Djamal, dalam keterangan tertulis, Jumat (22/3/2024).

Djamal melanjutkan petugas BPJS SATU! mengerjakan kesibukan kunjungan ke faskes di hari kerja yang setiap harinya berbeda beda lokasi. Selain itu, petugas BPJS SATU! juga nantinya akan mengajak setiap peserta JKN yang ditemuinya untuk dapat mengunduh dan memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN agar dapat menikmati semakin mudahnya akses layanan sebagai peserta JKN.

“Tiap-tiap kunjungannya petugas BPJS SATU! juga mengajak untuk mengunduh dan memberikan edukasi terkait kemudahan yang akan didapat peserta jikalau memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN,” kata Djamal.

Djamal juga mengatakan peserta JKN yang berada di fasilitas kesehatan dapat mengenali petugas BPJS SATU! dengan sangat mudah. Petugas BPJS SATU! telah dilengkapi dengan identitas atribut berupa rompi berwarna hijau yang terdapat logo BPJS Kesehatan dan bertuliskan ‘BPJS SATU! Siap Membantu’.

“Untuk petugas BPJS SATU! agar dapat dikenali dengan mudah oleh peserta JKN, telah kami lengkapi atributnya dengan baju rompi berwarna hijau yang dilengkapi dengan logo dan artikel besar BPJS SATU!,” kata Djamal.

Salah satu peserta JKN yang berada di faskes Asma Suleman, menyuarakan ketidakhadiran petugas BPJS SATU! di fasilitas kesehatan sangat membantu dirinya. Hal tersebut dia katakan karena petugas BPJS SATU! memberikan info terkait alur layanan yang cocok prosedur sehingga dirinya dapat dilayani dengan baik oleh faskes.

Selain itu, petugas BPJS SATU! menurutnya juga sangat solutif karena dapat memecahkan kendala atau problem yang sedang dirinya hadapi secara seketika di tempat sampai dengan selesai.