Kanker > Jalani Kemoterapi Saat Puasa Ramadhan, Bolehkah?

Kanker

Jakarta – Sebagian pasien memiliki tekad yang kuat untuk melaksanakan puasa Ramadhan meski Kanker tengah menjalani serangkaian pengobatan termasuk kemoterapi.

“Selama Anda telah berkonsultasi dengan dokter spesialis onkologi dan mendapatkan lampu hijau, menjalani kemoterapi saat puasa tergolong aman,” kata Budi dalam keterangan pers, Jumat (15/3/2024).

Bahkan, lanjutnya, puasa slot777 gacor Ramadhan membuat pasien kanker bisa menoleransi bahkan menurunkan efek samping kemoterapi dengan lebih baik. Fakta ini diungkap dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Sage Journal.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa pasien rata-rata mengalami efek samping yang lebih sedikit selama bulan puasa.

“Walau demikian, penelitiannya masih dalam skala kecil. Apalagi, kondisi setiap pasien kanker bisa jadi beda-beda. Jadi sangat penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter spesialis onkologi Anda sebelum memulai puasa,” jelas Budi.

Konsultasi menjadi cara agar pasien selalu waspada dengan kemungkinan efek samping sehingga dapat mengantisipasinya.

Puasa sendiri disebut sebagai salah satu cara untuk menurunkan risiko. Ini karena saat puasa, tubuh dapat mengalami penurunan berat badan dan insulin growth factor (IGF-1) yang jadi penanda tingginya risiko kanker.

Selain itu, tubuh juga akan mengalami:

  • Penurunan kadar gula dalam darah.
  • Memicu sel punca untuk regenerasi sistem imun.
  • Penyeimbangan asupan nutrisi.
  • Meningkatkan sel tubuh yang dapat membasmi tumor.
  • Semuanya itu dapat menurunkan risiko seseorang terhadap kanker.