Ini Perbedaan Mental Health dan Mental Illness, Kamu Telah Tahu?

Ini Perbedaan Mental Health dan Mental Illness, Kamu Telah Tahu?

Mei 14, 2024 by smartoil

Jakarta: Istilah mental health dan mental illness semakin tak jarang kita dengar. Hal ini seiring dengan mulai meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mental disamping keadaan jasmani dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut World Health Organization (WHO), mental health atau kesehatan mental yakni kemampuan dasar bagi seseorang untuk berpikir, bertingkah, dan mengenali serta mengeluarkan emosinya secara sehat. Mental health juga merujuk sebuah keadaan di mana individu kapabel mengelola stres kehidupan yang wajar sehingga bisa bekerja secara produktif dan berperan dalam komunitasnya.

Meski, berdasarkan American Psychiatric Association, mental illness atau gangguan mental yakni keadaan yang mencakup perubahan emosionil, keadaan, ataupun perilaku, atau malah gabungan dari ketiganya.

Umumnya, mental illness merujuk pada bermacam keadaan dan bisa mempengaruhi suasana hati, pemikiran, dan perilaku seseorang. Orang yang memiliki gangguan mental akan merasakan gejala-gejala yang menyerang jasmani dan psikologis akibat emosionil yang tak bisa diatur.

Seseorang dengan keadaan gangguan mental biasanya ditandai dengan munculnya tingkah laku yang tak normal serta gejala-gejala lainnya. Terkadang gejala hal yang demikian tak bisa diketahui secara sadar sehingga perlu bantuan profesional untuk mengetahuinya.

American Psychiatric Association juga mengungkapkan bahwa masih banyak orang yang ogah dan malu mengakui bahwa dia memiliki penyakit mental. Gangguan mental bukanlah suatu hal yang memalukan sehingga tak perlu ditutup-tutupi.

Kecuali itu, sama seperti orang yang memiliki penyakit secara jasmani, individu dengan gangguan mental juga berhak untuk mendapatkan penanganan secara psikologis.

Menjaga kesehatan mental tak cuma cukup dengan menjaga pikiran, namun juga sepatutnya menjaga tubuh dan jasmani yang juga turut mempengaruhi keadaan kesehatan mental. Supaya mental konsisten sehat, hal yang perlu dijalankan yakni menjalani gaya hidup yang sehat, seperti berolahraga, makan-makanan bergizi, rehat yang cukup, dan tak mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.