Uncategorized

INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD)

Instalasi gawat darurat atau yang sering di singkat (IGD) adalah kata yang mungkin anda sering dengar ketika membicarakan rumah sakit. kata IGD ini bermuncul karena memang sudah satu paket dengan kata rumah sakit, baik swasta ataupun rumah sakit umum terdekat anda. Dengan adanya ruang IDG ini membuat fasilitas rumah sakit menjadi lebih lengkap sebagai lembaga penyedia layanan kesehatan.

Jika mendengar istilah mengenai IGD dan UGD, rata-rata masih banyak orang yang menilai bahwa kedua fasilitas kesehatan di rumah sakit tersebut merupakan fasilitas ruang penanganan pasien yang sama. Padahal jika melihat secara rinci, kedua fasilitas tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Salah satunya yakni mengenai dokter yang di tugaskan di ruang IGD umumnya tidak hanya dokter umum saja, namun juga ada juga dokter spesialis. Sedangkan untuk ruang UGD hanya di peruntukkan untuk dokter umum saja yang di tugaskan. Agar Anda lebih paham mengenai perbedaan IGD dan UGD, sebaiknya simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Sekilas Tentang Ruang IGD

ruang igd

Secara umum, IGD atau Instalasi Gawat Darurat ini merupakan suatu fasilitas kesehatan di rumah sakit yang mana di dalamnya memiliki ruangan dan pekerja dalam ruang lingkup yang jauh lebih besar. Di dalam ruangan IGD ini, Anda nantinya akan menemukan dokter umum sampai dengan dokter spesialis yang memang di tugaskan di ruangan tersebut. Untuk ruang IGD ini sendiri biasanya hanya bisa Anda temukan di rumah sakit besar yang memang memiliki banyak dokter spesialis dan alat-alat yang menunjang berbagai macam penyakit seperti halnya di IGD RS Royal Progress.

Ruang IGD sendiri beroperasi selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu oleh berbagai macam petugas medis. Di antaranya yakni seperti dokter dan praktisi perawat yang memang sebelumnya sudah terlatih dalam memberikan perawatan darurat. Tidak hanya itu saja, di IGD sendiri juga memiliki tim yang mungkin di butuhkan untuk bisa melakukan tindakan cepat seperti misalnya neurologi, kardiologi dan juga ortopedi.

Ketika memasuki ruang IGD, maka pasien akan langsung di masukkan ke dalam kategori yang mana sesuai dengan kondisi yang di alami. Apakah termasuk dalam pasien gawat tapi tidak darurat, pasien gawat dan darurat dan pasien darurat tapi tidak gawat.

Jadi, Pilih yang Mana?

Unit Gawat Darurat merawat kondisi kesehatan yang mengancam jiwa atau anggota tubuh pada orang-orang dari segala usia. Ini adalah pilihan terbaik ketika kamu memerlukan perhatian medis segera. Sementara itu, IGD menjadi perantara untuk penanganan yang tidak bisa menunggu hingga esok hari. 

Apabila kamu punya penyakit ringan atau cedera yang tidak bisa menunggu ditangani hingga esok, mengunjungi IGD bisa jadi solusi. Contoh sederhananya, sakit telinga bisa diobati dengan mudah di IGD. Namun, apabila kamu juga mengalami demam tinggi atau memiliki riwayat kanker atau sedang menjalani pengobatan penekan imunitas, kamu perlu segera melakukan pemeriksaan di UGD.