Hari Asma Sedunia 7 Mei 2024, Simak Tema Tahun ini dan Sejarah Singkatnya

Hari Asma Sedunia 7 Mei 2024, Simak Tema Tahun ini dan Sejarah Singkatnya

Mei 7, 2024 by smartoil

Hari Asma Sedunia diperingati setiap hari Selasa pertama di bulan Mei. Pada tahun ini bertepatan pada tanggal 7 Mei 2024, adalah momen penting untuk meningkatkan kesadaran seputar asma di kalangan masyarakat.

Hari Asma Sedunia diselenggarakan sebuah organisasi yang didirikan pada tahun 1993, adalah Global Initiative for Asthma (GINA), yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran penyakit asma di segala dunia.

Tema Hari Asma slot gacor gampang menang Sedunia tahun 2024 adalah “Asthma Education Empowered, Information Is Key” atau dimaknai “ Penguatan Isu dan Edukasi sebagai Kunci Penanganan Asma”.

Tema ini akan menyoroti pentingnya kolaborasi dan dukungan bersama dalam menghadapi tantangan yang dihadapi oleh individu yang hidup dengan asma.

Dengan fokus pada pengajaran, perawatan, dan dukungan yang holistik, tema ini memandu untuk bekerja sama dalam upaya meningkatkan pemahaman, pengelolaan, dan mutu hidup bagi mereka yang memiliki asma.

Mempunyai pemahaman lebih dalam seputar gejala, pemicu, pengelolaan, serta akibat asma pada kehidupan sehari-hari, bisa menolong mengurangi stigma yang berkaitan dengan kondisi ini dan meningkatkan pemahaman yang lebih luas seputar asma.

Kian banyak orang yang mengenal seputar asma, semakin besar dukungan yang bisa dikasih terhadap mereka yang hidup dengan kondisi ini.

Asma Salah Satu Penyakit Respirasi Terbanyak

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Prof. DR. Dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), FISR, FAPSR mengatakan bahwa asma adalah 1 dari 5 penyakit respirasi yang terbanyak di segala dunia, begitu pula di Indonesia.

“Dalam upaya membatasi penyakit asma supaya terkontrol dengan bagus, tentu masyarakat harus tahu apa saja yang harus dilaksanakan, seperti bagaimana pengobatan yang baiknya,” kata Agus dalam konferensi pers secara virtual (daring) pada Selasa, 7 Mei 2024.

Asma Yaitu Penyakit Kronis pada Saluran Napas

Asma adalah penyakit kronis pada saluran nafas yang ditandai oleh peradangan dan penyempitan saluran nafas.

“Biasanya gejala asma bersifat reversibel, sehingga banyak pasien asma yang seandainya gejalanya tak timbul, mereka tak menyadari bahwa mereka memiliki atau potensial terhadap serangan asma,” kata dokter ahli paru konsultan, Putu Ayu Diah.

Pada penderita asma, saluran nafas menjadi peka terhadap beragam stimulasi seperti alergen, udara dingin, polusi udara, atau kegiatan jasmaniah.