dokter spesialis

Sesuai namanya, dokter spesialis merupakan dokter yang memiliki spesialisasi terhadap suatu bidang atau bagian tubuh tertentu. Untuk mendapatkan gelar spesialis, seseorang harus menempuh pendidikan dokter umum terlebih dahulu, lalu melanjutkan ke program pendidikan dokter spesialis.

Dokter adalah seseorang yang mempunyai keahlian khusus di bidang kesehatan yang mereka pelajari.

Peran yang sangat penting di miliki oleh dokter yakni mengetahui penyakit seseorang yang sedang terkena segala jenis penyakit. Namun, tahukan anda mengenai dokter spesialis?

Dokter Spesialis biasa di temui di rumah sakit atau datang sendiri ke rumah untuk melakukan pengobatan, diskusi, atau kepentingan lainnya. 

Dokter Spesialis adalah Dokter yang memiliki spesialisasi terhadap suatu bidang pada bagian tubuh manusia. Segala jenis penyakit ringan atau berbahaya memerlukan penanganan yang baik agar tidak semakin parah mengalami kejadian yang tidak di inginkan.

Di kesempatan kali ini smartoilandgas akan membahas beberapa Dokter yang memiliki keahlian khusus dalam spesialisasi penanganan penyakit.

A. Fakultas Kedokteran Terbaik Di Indonesia

Salah satu jurusan kuliah yang banyak dijadikan idaman adalah jurusan kedokteran, yang setelah lulus tentunya akan menjadi seorang dokter. Dalam lingkungan perguruan tinggi jurusan ini dikenal sebagai jurusan pendidikan dokter dan dikenal masyarakat dengan istilah jurusan kedokteran.

Jika kamu termasuk orang yang memiliki cita-cita menjadi dokter, alangkah baiknya berkenalan lebih jauh dengan jurusan satu ini dulu. Berikut informasinya.

Dengan adaya universitas kedokteran ini akan melahirkan dokter dokter spesialis yang sangat handal dalam menangani berbagai macam jenis penyakit.

1. Sejarah Jurusan Kedokteran di Indonesia

Pendidikan dokter di Indonesia dimulai sejak era kolonial Belanda. Saat itu, dibangun sekolah tinggi kedokteran yang bernama STOVIA (School tot Opleiding voor Indische Artsen) pada tahun 1898. Untuk meningkatkan kualitas sekolah ini, dibangun juga Rumah Sakit CBZ (Centrale Burgerlijke Ziekenhuis) sebagai rumah sakit pendidikan bagi siswa STOVIA. Sekarang, kita mengenal rumah sakit tersebut sebagai RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo).

Setelah kemerdekaan, tepatnya tanggal 2 Februari 1950 sekolah ini berganti nama menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Lambat laun, semakin banyak universitas di kota lain yang mendirikan program studi Kedokteran.

Jurusan Kedokteran atau Pendidikan Dokter adalah ilmu yang mempelajari cara kerja tubuh manusia dalam memelihara kesehatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit.

2. Mata Kuliah Jurusan Kedokteran

Proses menjadi dokter berawal dari masa preklinik alias kuliah. Selama 3,5 sampai 4 tahun kamu fokus mendalami hubungan antara organ tubuh, penyakit, dan obat-obatan. Jurusan Kedokteran tidak menggunakan sistem SKS (Satuan Kredit Semester), melainkan terbagi menjadi beberapa blok.  Setiap semester terdiri dari 4 blok. Satu blok berisi satu topik. Misalnya pada blok Neurologi, kamu akan mempelajari cara kerja sistem saraf otak.

Hari-hari kamu bakal diisi dengan presentasi di depan dosen. Terus, karena materi yang dibahas cukup beragam, kamu disarankan membaca textbook sebelum memulai blok baru. Jaga-jaga kalau tiba-tiba dapat pertanyaan dari dosen. Jangan sampai kamu masuk kelas tanpa tahu sedikit pun tentang materi itu.

Setiap blok berlangsung selama 6 minggu. Di minggu ke 7, kamu harus mengikuti Ujian Blok untuk mengetes sejauh mana pemahaman kamu dengan mata kuliah yang diajarkan. Selain teori,  praktikum juga wajib kamu jalani lho.

Beberapa praktikum di jurusan Kedokteran antara lain:

  • Praktikum Anatomi
  • Praktikum Biokimia
  • Praktikum Histologi Umum
  • Praktikum Kimia Medik
  • Praktikum Mikrobiologi
  • Praktikum Patologi Klinik

Ada yang namanya OSCE (Objective Structured Clinical Examination). OSCE adalah tes kompetensi yang terdiri dari beberapa station. Di setiap station terdapat penguji dan pasien simulasi yang menunjukkan gejala tertentu. Mahasiswa harus bisa menebak penyakit apa yang diderita oleh si pasien. Apa saja sih materi ujian OSCE? ini dia !

  • Psikiatri
  • Ilmu Penyakit Dalam
  • Pediatri
  • Bedah
  • Obstetri dan Ginekologi
  • Kedokteran preventif dan kesehatan masyarakat

Jika semua stase sudah dipelajari, pengetahuan kamu dinilai lewat UKMPPD atau Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter. Syarat utama untuk mengikuti UKMPPD yaitu menyelesaikan pendidikan preklinik, koas, dan dinyatakan lulus oleh fakultas kedokteran masing-masing.

Tahap terakhir adalah magang (internship) di rumah sakit. Periode magang berlangsung selama setahun untuk mengantongi STR (Surat Tanda Registrasi). STR diperlukan untuk bekerja di layanan kesehatan, membuka klinik sendiri, atau melanjutkan pendidikan spesialis.

1. Jurusan Kedokteran

Jurusan kedokteran merupakan salah satu dari sekian jurusan pendidikan tinggi di bidang kesehatan. Mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari mengenai masalah kesehatan yang mencakup bagaimana memelihara kesehatan, mencegah penyakit, dan juga memberikan pengobatan.

Agar bisa menguasai ilmu di dalam jurusan kedokteran ini maka mahasiswa perlu menguasai atau memahami anatomi, fungsi, dan juga interaksi di dalam tubuh manusia. Sehingga akan mengenal dan mempelajari mengenai otot, tulang, saraf, dan juga indera.

Selain mempelajari tubuh manusia, calon dokter di jurusan ini juga akan mempelajari mengenai berbagai jenis penyakit dan metode pengobatannya. Seorang dokter juga dibekali ilmu terkait obat-obatan yang nantinya berhubungan dengan penyakit yang ditangani.

Mahasiswa di jurusan kedokteran juga akan mempelajari bagaimana melakukan pemeriksaan kepada pasien. Sekaligus menarik diagnosa penyakit dari hasil pemeriksaan yang didapatkan.

2. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia atau dikenal sebagai FK UI merupakan salah satu sekolah kedokteran di Indonesia. FK UI memiliki dua kampus utama yaitu Kampus Salemba dan Kampus Depok yang terletak di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK). Fakultas Kedokteran UI merupakan bagian dari kelompok fakultas-fakultas rumpun ilmu kesehatan. Saat ini, FK UI dipimpin oleh Prof.Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP,FACG. FK UI menyelenggarakan pendidikan dokter pada tingkat Sarjana, Profesi Dokter, Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) (Sp-1), Pendidikan Dokter Subspesialis (Sp-2), Magister (S2), dan Doktor (S3). FK UI merupakan fakultas kedokteran tertua di Indonesia.

Menjadi seorang dokter adalah perkerjaan yang mulia, karena begitu banyak dokter atau dokter spesialis di indonesia yang sudah menyelamatkan nyawa nyawa masyarakat yang terkena penyakit jenis apapun. Pasalnya, dokter selalu di butuhkan di mana pu anda berada, tentu untuk menjadi dokter spesialis tidak lah mudah, anda harus melalui tahap tahap ketentuan media yang terangkum dalam universitas dokter spesialis.

3. Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin merupakan fakultas kedokteran tertua di Indonesia timur. Di dirikan pada tanggal 28 Januari 1956 sebagai Fakultas Kedokteran Makassar dan kemudian di leburkan sebagai Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin merupakan fakultas kedokteran tertua di Indonesia timur. Kedokteran ini merupakan cikal bakal dari Universitas Hasanuddin bersama dengan Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Fakultas ini merupakan fakultas ketiga yang ada di Universitas Hasanuddin.
fakultas kedokteran
Berlokasi di: Universitas Hasanuddin
Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan No.Km. 10, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245
Jam: Buka ⋅ Tutup pukul 16.00
Provinsi: Sulawesi Selatan
Dekan: Prof. dr. Budu, Sp.M(K), M.Med
Jenis: Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum
Kampus: Urban
Nama julukan: FK UNHAS
Nama sebelumnya: Fakultas Kedokteran Makassar
Fakultas kedokteran universitas hasanuddin adalah fakultas yang melahirkan banyak dokter dokter spesialis di indonesia. Hal ini wajar saya, pasalnya fakultas kedokteran di indonesia ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap dengan dosen kedokteran yang sudah tidak perlu di ragukan lagi dengan kemampuannya.

B. Dokter Spesialis Kulit

dokter spesialis kulit

Dokter kulit merupakan dokter yang fokus menangani beragam masalah pada kesehatan kulit dan kelamin, baik pria maupun wanita.

Kulit adalah bagian tubuh yang paling luar yang menutupi permukaan tubuh sehingga memiliki peranan penting yaitu sebagai pelindung tubuh dengan lingkungan luar dari berbagai macam rangsangan serta gangguan dari luar. Manusia memiliki kulit yang berbeda dengan manusia lain dengan tingkat ketebalan yang berbeda dan jenis yang beragam.

3 Faktor Yang Sangat Mengancam Kesehatan Kulit :

1. Faktor Makanan

Setiap makhluk hidup yang berada di bumi pasti memerlukan makanan untuk bertahan hidup terutama manusia, makanan akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh setiap manusia yang mengkonsumsinya.

Dengan kata lain faktor makanan adalah faktor yang sangat penting bagi manusia untuk menjaga kesehatan tubuh terutama kulit, kulit yang sehat akan membuat manusia merasa percaya dengan tubuh yang mereka miliki.

Jika anda menginginkan kulit yang sehat, anda bisa berjemur langsung matahari sebelum jam 9 pagi, pasalnya sinar matahari yang memancar ke bumi sebelum jam 9 mempunyai vitamin D yang sangat berguna bagi kesehatan kulit.

2. Faktor Gaya Hidup

Selain makanan, faktor gaya hidup juga tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan kulit manusia. Gaya hidup yang kurang baik akan membuat kulit  berjerawat, bisul, cacar air dan masih banyak lainnya.

Dengan mengatur pola hidup yang baik akan menjaga kesehatan kulit dan mengurangi resiko terkena penyakit yang tidak di inginkan.

3. Faktor Lingkungan

Lingkungan adalah salah satu faktor penting yang untuk menjaga kesehatan kulit, lingkungan yang bersih akan menciptakan rasa nyaman dan akan membuat kulit sehat dan kencang.

Jika anda memiliki lingkungan tempat tinggal yang kurang bersih dari polusi atau sampah, anda bisa melakukan perawatan kulit atau bisa menggunakan obat untuk menjaga kesehatan kulit.

C. Dokter Spesialis Mata

mata

Dokter Spesialis Mata Apa Nama nya ? Ophthalmologists : Penanganan Penyakit pada Mata dan Pembedahan Mata. Dokter spesialis mata ini memberikan perawatan mata secara lengkap, yaitu: Perawatan penglihatan, termasuk pemeriksaan mata.

Seperti yang kalian ketahui, mata adalah alat atau indra penglihatan bagian tubuh manusia yang sangat di butuhkan dalam kehidupan sehari hari.

Mata memerlukan vitamin vitamin agar sehat dan agar penglihatan anda tidak berkurang bahkan mengalami penyakit mata.

Tidur yang cukup adalah salah satu pencegah terjadinya penyakit mata, kegiatan sehari hari yang bisa membuat mata anda rusak atau mengalami penurunan kesehatan yang mungkin anda sepelekan.

Di bawah ini faktor faktor yang mengancam kesehatan mata :

1. Kurang Tidur

Tidur adalah kegiatan yang sangat diperlukan manusia untuk membuat sel sel yang ada dalam tubuh beristirahat. Kurang tidur akan membuat mata memerah dan anda akan merasakan mata yang lemas karena kurangnya istirahat yang di perlukan oleh mata. Seperti yang di ketahui mata adalah indra yang sangat penting untuk dijaga yang di gunakan untuk aktivitas manusia.

2. Menggunakan Smartphone Berlebihan / Sinar UV

Smartphone atau telepon adalah alat komunikasi cerdas yang sudah umum di gunakan oleh masyarakat dari anak kecil hingga orang tua. Telepon harus menggunakan jaringan internet jika ingin terhubung oleh telepon lainnya, hampir sebagian masyarakat sudah menggunakan alat komunikasi tersebut.

Dengan seiring berjalannya waktu kini smartphone sudah berevolusi sangat cepat dengan berbagai merk seperti : Apple, Samsung, Xiaomi, Nokia, Advan, Lenovo, Asus dan masih banyak merk lainnya.

3. Minuman Alkohol

Alkohol merupakan minuman yang mengandung senyawa organik apapun yang memiliki gugus hidroksil (-HO) yang terikat pada atom karbon. Dengan terlalu banyak minum alkohol akan membuat syarat dan peredaran darah tidak berjalan stabil, oleh sebab itu mata akan terasa lelah dengan kurang lancarnya peredaran darah.

Sebaiknya jika anda sampai saat ini masih atau suka minuman yang mengandung alkohol alangkah baiknya mengurangi bahkah berhenti demi kesehatan tubuh terutama mata.

4. Tekanan Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan mata jika tidak langsung di obati, karena darah tinggi akan merusak pembuluh darah retina yang terletak di belakang mata. Jenis penyakit tersebut di namakan retinopati hipertensi.

D. Dokter Spesialis Gigi

penyakit gigi

Seorang dokter gigi memiliki keahlian khusus dalam mendiagnosis, mengobati, dan mencegah masalah kesehatan atau kelainan pada gigi. Tak hanya itu, peran dokter gigi juga mencakup penanganan sejumlah gangguan pada gusi dan mulut.

Gigi adalah jaringan bagian tubuh manusia yang paling keras di bandingkan jaringan lainnya.

Peran serta gigi dalam kehidupan sehari hari juga tidak kalah penting dengan mata, pasalnya, kesehatan gigi juga memilki efek bagi kesehatan mata.

Hal ini di karenakan sel mata yang terhubung dengan gusi manusia. Gusi ialah tempat gigi tumbuh dan berkembang, maka tidak heran jika gigi sakit mata akan terasa lemas dan sering mengeluarkan air mata.

Namun, pada dasarnya menjaga kesehatan seluruh tubuh adalah suatu tindakan yang sangat baik. Dengan sehatnya seluruh tubuh dan lancarnya peredaran darah seseorang akan membuat kehidupan anda lebih baik. Maka dari itu rawatlah gigi anda dengan baik dengan minimal 2x sehari sikat gigi pagi dan malam hari. Di bawah ini beberapa jenis penyakit gigi yang sering di jumpai :

1. Gigi berlubang

Gigi berlubang hampir semua orang merasakan, hal tersebut membuat gigi berlubang dianggap hal biasa. Namun, jika penyakit gigi berlubang di biarkan akan berakibat fatal, bahkan bisa menyebabkan kematian.

2. Periodontis (penyakit gusi)

Periodontitis merupakan masalah kesehatan berupa infeksi gusi parah yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Kondisi ini tidak boleh dianggap enteng dan harus segera diobati.

3. Gigi sensitif

Gigi sensitif juga termasuk satu dari macam-macam penyakit gigi yang umum dialami banyak orang. Kondisi ini ditandai dengan gigi yang terasa ngilu ketika terpapar makanan atau minuman bersuhu dingin atau panas.

E. Dokter Spesialis Jantung

jantung

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di kenal juga sebagai kardiologi, memiliki keahlian untuk melakukan perawatan sistem kardiovaskular yang mencakup jantung dan pembuluh darah.

Jantung adalah organ vital yang berfungsi sebagai pemompa darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi tubuh. Dengan tanda jantung yang masih memompa artinya orang tersebut masih hidup, karena jantung menandakan kehidupan seseorang. Jenis penyakit jantung yang sering di temukan :

1. Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh tumpukan plak maupun zat-zat kimia dari makanan dan minuman.

2. Kelainan Irama Jantung (Aritmia)

Kelainan Irama Jantung (Aritmia) Kesehatan yang membuat pengidapnya mengalamin detak jantung yang tidak teratur.

3. Penyakit Jantung Bawaan (PJB) Atau Congenital Heart Disease

Penyakit Jantung Bawaan (PJB) Atau Congenital Heart Disease adalah kelainan pada fungsi dan struktur jantung yamg sudah ada sejak lahir.