DOKTER SPESIALIS KULIT DAN 5 JENIS KULIT MANUSIA

kulit sehat

Seorang dokter bisa di katakan spesialis dermatologi jika sudah memiliki gelar SPKK (dokter spesialis kulit dan kelamin). Sebelum meraih gelar situs slot mahjong ini, dokter harus menempuh pendidikan spesialis ilmu kesehatan kulit dan kelamin selama sekitar tiga setengah tahun atau lebih.

Dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK) merupakan dokter yang fokus menangani beragam masalah pada kesehatan kulit dan kelamin, baik pria maupun wanita. Seorang dokter kulit dan kelamin memiliki pengetahuan dan keterampilan klinis untuk menangani penyakit kulit dan kelamin.

Baik dokter spesialis yang bergelar SpDV dan SpKK sebenarnya adalah sama SpKK digunakan oleh para dokter yang lebih senior karena pada masanya gelar SpKK lah yang diresmikan dan digunakan, sedangkan lulusan yang lebih baru menggunakan gelar SpDV. Jadi, tidak ada perbedaan antara keduanya.

Penyakit kulit adalah salah penyakit yang paling umum diderita banyak orang, termasuk di Indonesia. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, dokter spesialis kulit atau dermatolog di butuhkan.

Dokter kulit (dermatologi) adalah dokter yang memiliki keahlian dalam mengobati dan menangani masalah-masalah yang berhubungan dengan kesehatan kulit. Dermatologi sendiri merupakan cabang ilmu kedokteran yang mempelajari kulit termasuk rambut dan kuku.

Dermatologi adalah cabang ilmu kedokteran yang menangani kondisi dan penyakit yang memengaruhi kulit, rambut, kulit kepala, dan kuku.

Manusia memiliki jenis yang berbeda antara satu dengan lainnya, Faktor kulit yang terkandung pada setiap manusia adalah beragam. Bisa jadi faktor tersebut karena keturunan, atau mengkonsumsi obat obatan terlarang, lingkungan yang mendukung perubahan, dan masih banyak factor faktor lainnya.

Dermatologi tak hanya menguasai ilmu-ilmu dasar seperti mikrologi (ilmu tentang mikroorganisme), patologi (ilmu tentang bagaimana terjadinya penyakit), dan fisiologi (ilmu tentang keberlangsungan kehidupan). Mereka juga harus mempelajari spesialisasi medis lainnya. Sebab, penyakit ini sering dikaitkan dengan kondisi internal tubuh atau penyakit lain.

A. 5 Jenis kulit Manusia :

1. Jenis normal

kulit normal

Jenis kulit normal adalah salah satu jenis yang terbaik di antara jenis lainnya. Memiliki jenis yang satu ini adalah mimpi bagi hampir setiap orang. Pasalnya, jenis yang satu ini di sebut jenis yang sempurna di bandingkan jenis lainnya.

Jenis normal memiliki ciri ciri :

a. Tidak terlalu sensitif

Kulit yang tidak terlalu sensitif adalah jenis yang di memiliki jenis normal. Bisa di katakan kulit tidak terlalu sensitif, jika anda penasaran dengan jenis kulit anda sensitive atau tidak nya, anda bisa mencubitnya. Jika yang sensitif setelah di cubit kulit akan meninggalkan bekas cubitan dengan earna merah.

b. Tampak berseri dan seimbang

Berbeda dengan lainnya, jenis yang satu ini adalah jenis yang biasa di miliki oleh masyarakat asia. Kulit yang seimbang juga tidak kalah menarik dengan masyarakat barat yakni inggris atau lainnya. Jenis yang satu ini adalah salah satu jenis yang memiliki daya ketebalan kulit paling tinggi.

c. Pori pori hampir tidak terlihat

Pori pori adalah folikel rambut kecil di kulit. Menurut penelitian pori pori di pagi hari lebih besar dari pada malam hari. Hal tersebut di karena kan siang memiliki sinar matahari yang mengandung berbagai jenis radiasi, Seperti : sinar kosmik, sinar gamma, sinar x dan masih banyak lainnya.

2. Jenis kombinasi

Jenis kulit kombinasi adalah jenis yang bisa berujuk normal atau kering di berbagai area. Sementara untuk berminyak di area lain, seperti zona T (hidung, dahi, dagu). Jika anda memiliki jenis yang satu ini mungkin, perawatan yang agak berbeda dengan jenis lainnya.

Ciri ciri jenis kombinasi :

a. Kulit tampak mengkilap

Hal yang harus anda lakukan jika memiliki mengkilap adalah membersihkan dua kali sehari, yakni pagi dan sore hari. Jenis mengkilap  umumnya di miliki masyarakat amerika, belanda, sampai Nigeria.

b. Memiliki komedo

Komedo bukan hanya yang terletak di muka saja, bahkan komedo juga terdapat pada anggota tubuh yang lain. Jika anda memiliki jenis seperti ini, alangkah baiknya jika sering melakukan perawatan di rumah sakit terdekat atau puskesmas.

c. Pori pori lebih besar dari biasanya

Memiliki pori pori yang besar sangat lah mengganggu. Pasalnya, jika pori pori membuka terlalu besar kulit akan mudah di masuki kotoran kotoran yang tidak terlihat mata, yang mengakibatkan jerawat pada tubuh kemudian akan membuat flek hitam yang berakibat turunnya percaya diri.

3. Jenis kering

kulit kering

Sering kali orang yang mempunyai kulit kering merasa kurang percaya diri dengan penampilannya. Rasa paling tidak nyaman jika mempunyai kemudian berada suatu ruangan yang ber AC.

Ciri ciri kering :

a. Pori pori hampir tidak terlihat

b. Kusam dan kasar

c. Kurang elastis

d. Terlihat bercak merah

e. Garis garis lebih terlihat

Dengan jenis kering, maka anda bisa mengalami pecah-pecah, mengelupas, terasa gatal, teriritasi, atau meradang. Jika sangat kering, bisa menjadi sangat kasar dan bersisik, terutama di bagian punggung tangan, lengan, dan kaki. Jenis kering dapat di sebabkan atau di perparah oleh : Gen, Penuaan atau perubahan hormonal.

Cuaca seperti angin, matahari, atau cuaca dingin radiasi ultraviolet (UV) dari matahari atau tanning bed Pemanas ruangan Mandi dengan air panas yang lama Bahan dalam sabun, kosmetik, atau pembersih Efek samping pengobatan.

4. Jenis berminyak

kulit berminyak

Sifat berminyak pada manusia bisa berubah dengan kondisi cuaca dan perkembangan usia.

Berminyak Memiliki Ciri ciri :

a. Pori Pori membesar

Dengan besarnya pori pori, maka seseorang akan lebih mudah timbulnya jerawat pada tubuh khususnya muka.

b. Mengeluarkan banyak jerawat

Sebaiknya jika anda mendapatkan jenis yang satu ini, alangkah baiknya jika anda sering memakai kosmetik atau skin care khusus yang di sarankan oleh puskesmas dan anda bisa konsultasi dengan dokter kulit terdekat yang umum nya terdapat juga dokter mata.

c. Terlihat tebal atau mengkilap

Jenis tebal atau mengkilap adalah jenis yang kurang bagus untuk diri sendiri, dan jika di lihat orang lain maka akan terasa kurang bersih.

5. Jenis kulit sensitif

kulit sensitif

Jenis sensitif adalah kulit dengan kondisi di mana kulit bereaksi dengan cara yang buruk,

Ciri Ciri :

a. Memerah

Biasanya memerah terjadi karena tiba tiba, hal pertama yang harus di lakukan jika terjadi adalah mengoleskannya obat khusus.

b. Sering gatal

Jika anda mempunyai jenis yang satu ini dan sering merasakan gatal, sebaiknya anda segera pergi ke rumah sakit terdekat.

c. Terasa kekeringan

Kekeringan sering mempunyai efek mudah lelah. Bahkan efek haus yang berlebihan akan terasa jika anda memiliki jenis penyakit yang satu ini.

B. Dokter Kulit Dan Kelamin

Kulit adalah bagian tubuh yang paling luar yang menutupi permukaan tubuh sehingga memiliki peranan penting yaitu sebagai pelindung tubuh dengan lingkungan luar, dari berbagai macam rangsangan serta gangguan dari luar. Manusia memiliki jenis yang berbeda dengan manusia lain dengan tingkat ketebalan yang berbeda dan jenis yang beragam.

perawatan kulit

Mungkin anda belum mengetahui tentang, bagaimana cara merawat dengan baik dan benar?

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah sering membersihkan dengan kotoran atau noda. Kunci kesehatan terutama adalah kebersihan, dengan kata lain anda tidak perlu pergi ke dokter untuk merawat kulit agar tetap sehat. Namun, jika anda pergi secara rutin ke dokter atau rumah sakit terdekat pasti hasilnya akan lebih maksimal. Hasil akan lebih terasa jika anda sering melakukan perawatan kepada dokter spesialis terdekat.

Berapa Biaya Konsultasi Dokter Kulit dan Kelamin? Biaya konsultasi penyakit kulit dan kelamin bervariasi tergantung kepada dokter spesialis kulit dan kelamin, gelar konsultan yang dimiliki, serta rumah sakit yang menyelenggarakannya. Biayanya bervariasi mulai dari Rp. 200.000,- per pertemuan.

Untuk pengobatan Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit kelamin atau puskesmas kecamatan yang memiliki fasilitas poliklinik khusus penyakit menular seksual.

Jadi kulit sangat penting untuk di jaga dan kesehatannya, karena kulit yang sehat akan terlihat segar jika di pandang, untuk menjaga kesehatan kulit anda bisa pergi ke dokter spesialis kulit terdekat secara rutin.

Dokter kulit melakukan prosedur diagnostik khusus yang berkaitan dengan kondisi kulit. Dokter kulit juga akan melakukan berbagai perawatan pada pasien termasuk:

  • Pemberian obat penyakit kulit
  • Terapi penyakit kulit
  • Serangkaian bedah dermatologis
  • Prosedur kosmetik

 

 

C. 6 Dokter Spesialis Kulit Paling Populer Di Jakarta

Maraknya segala jenis macam penyakit kulit membuat hampir semua orang khawatir dengan kesehatan kulitnya. Berikut di bawah adalah rekomendasi dokter spesialis kulit yang tepat dengan tarif pengobatnnya yang relatif terjangkau.

Memiliki kulit sehat merupakan dambaan semua orang. Jika Anda tinggal di Jakarta dan bingung menentukan perawatan kulit yang tepat atau memiliki masalah seputar kesehatan kulit, ada 6 dokter spesialis kulit di Jakarta yang paling populer di ALODOKTER untuk Anda jadikan referensi.

Dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK) atau spesialis dermatovenereologi (Sp. DV) adalah dokter yang fokus menangani beragam masalah kesehatan kulit dan kelamin.

Dalam memilih dokter spesialis kulit, ada beberapa hal yang penting Anda pertimbangkan, termasuk lokasi praktik, biaya konsultasi, dan tentu saja tingkat kepuasan pasien yang pernah ditangani.

Dokter Spesialis Kulit di Jakarta

Bagi Anda yang tinggal di ibu kota, berikut adalah 6 dokter spesialis kulit di Jakarta yang mendapatkan rating tertinggi di aplikasi ALODOKTER:

 

 

1. dr. Adi Satriyo, Sp.KK (Jakarta Selatan)

dr. Adi Satriyo, Sp.KK adalah dokter spesialis kulit lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Saat ini beliau praktik di Klinik Royal Medika Rawamangun, Jakarta Timur dan Rumah Sakit Agung Manggarai, Jakarta Selatan.

Adi Satriyo, Sp.KK tergabung sebagai anggota IDI, PERDOSKI (Perhimpunan DOkter Spesialis Kulit dan Kelamin), EADV (European Academy of Dermatology and Venerology), dan IDS (International Dermoscopy Society)

Adi Satriyo, Sp.KK memberikan layanan tindakan terkait penyakit kulit karena alergi, infeksi, penyakit autoimun, Kesehatan kulit anak, infeksi menular seksual, deteksi dini kanker kulit, kerontokan rambut, dan layanan estetika.

Biaya konsultasi dengan dr. Adi Satriyo, Sp.KK adalah mulai dari Rp200.000, tergantung pada jenis pemeriksaan dan penanganan yang dilakukan.

2. dr. Freddy Suseno Hardjoko, Sp.KK (Jakarta Barat)

adalah dokter spesialis kulit lulusan Universitas Indonesia. Saat ini beliau memberikan layanan konsultasi, pemeriksaan, perawatan, dan pengobatan seputar masalah kulit dan kelamin di Rumah Sakit Bhakti Mulia, dengan biaya konsultasi mulai dari Rp185.000.

4. dr. Umi Rinasari, MARS, Sp.KK, FINSDV (Jakarta Timur)

dr. Umi Rinasari, MARS, Sp.KK, FINSDV adalah dokter spesialis kulit lulusan Universitas Airlangga. Saat ini beliau praktik di Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat I Raden Said Sukanto.

Selain melayani konsultasi, perawatan, serta pengobatan masalah kulit dan kelamin, dr. Umi Rinasari, MARS, Sp.KK, FINSDV juga melayani injeksi botox, derma filler, elektrokauter, dan mikrodermabrasi wajah. Biaya konsultasinya menyesuaikan dengan tindakan yang dilakukan.

5. dr. Tarida Lidya Tiarma Ida Manik, Sp.KK (Jakarta Pusat)

dr. Tarida Lidya Tiarma Ida Manik, Sp.KK adalah dokter spesialis kulit lulusan Universitas Diponegoro. Saat ini beliau melayani konsultasi, pemeriksaan, perawatan, dan pengobatan seputar masalah kulit dan kelamin di Rumah Sakit Menteng Mitra, dengan biaya konsultasi mulai dari Rp200.000.

6. dr. Dani Djuanda, Sp.KK (Jakarta Utara)

dr. Dani Djuanda, Sp.KK adalah dokter spesialis kulit lulusan Universitas Indonesia. Saat ini beliau melayani konsultasi, pemeriksaan, perawatan, dan pengobatan seputar masalah kulit dan kelamin di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, dengan biaya konsultasi mulai dari Rp295.000.

Itulah 6 dokter spesialis kulit di Jakarta yang paling populer di ALODOKTER. Sebagai aplikasi kesehatan terkemuka yang terhubung dengan lebih dari 1.500 rumah sakit dan klinik bersertifikat serta 20.000 ribu dokter di Indonesia, ALODOKTER menyediakan layanan booking dokter secara online selama 24 jam dalam seminggu.

Hal ini tentu akan mempermudah Anda dalam membuat janji temu dengan dokter pilihan. Agar Anda tidak lupa dengan jam konsultasi, ALODOKTER akan mengirim pesan pengingat secara otomatis melalui email atau Whatsapp.

Janji temu yang telah Anda buat juga akan disimpan dalam riwayat booking yang mudah Anda atur dan akses kembali. Sangat membantu, bukan? Selamat mencoba!