Uncategorized

DOKTER GIGI DAN 8 SPESIALIS KEDOKTERAN GIGI

dokter spesialis gigi

Dokter gigi adalah dokter yang secara khusus mempelajari mengenai kesehatan dan penyakit yang terdapat pada gigi dan mulut. Penyakit gigi adalah penyakit yang sering di temui di masyarakat, pasalnya, gigi adalah bagian tubuh manusia yang berfungsi untuk sebagai mengunyah makanan atau sebagai alat penghancur. Maka tidak heran jika orang mudah terkena penyakit gigi jika tidak secara rutin membersihkannya. Karena terdapat sisa sisa makanan yang masih menempel di sela gigi.

Profesi dokter gigi dikenal luas sebagai praktisi kesehatan yang menangani berbagai masalah gigi, gusi, dan mulut. Spesialis kedokteran gigi umumnya dibagi berdasarkan area atau masalah gigi dan mulut yang Anda alami.

A. Cara Memahami Spesialis Dokter Gigi

Rongga mulut anda memiliki resiko untuk terkena penyakit gigi, gusi ataupun mulut. dengan penyakit yang mudah di dapatkan maka anda harus sering menggosok gigi dengan minimal 2-3x sehari.

Tahukah anda bahwa 8 spesialis kedokteran yang ada di indonesia? di bawah ini smartoilandgas akan memberikan sedikit pengetahuan mengenai kesehatan gigi.

B. 8 Spesialisasi Kedokteran Gigi Di Indonesia

Gigi memang perlu memerlukan kesehatan, gigi yang sehat adalah gigi yang bersih dari sisa makanan dan tidak berlubang.

1. Spesialis bedah mulut (Sp. BM)

Dokter Spesialis Bedah Mulut adalah dokter yang memiliki kuasa untuk membedah mulut dan rongga. memiliki mulut dan rongga yang sehat adalah impian hampir bagi setiap orang. Untuk menjadi dokter mulut harus menjalani 4-8 bulan kuliah kedokteran khusus yang harus di lakukan setelah lulus.

2. Spesialis prostodonsia (Sp.Pras)

Prostodonsia adalah yang memiliki keahlian memperbaiki gigi asli yang rusak. Faktor gigi yaitu : Faktor usia, Terlalu banyak mengkonsumsi makanan mengandung gula, mengkonsumsi banyak alkohol atau obat obatan terlarang.

3. Spesialis ortodonti (Sp.Ort)

Ortodonti adalah mendiagnosis dan merawat posisi atau susunan gigi dan rahang yang tidak normal. Salah satu faktor yang biasa terjadi untuk pergi ke dokter spesialis gigi adalah ortodonti, jika masalah ini terjadi pada anak, remaja, bahkan dewasa umumnya terjadi karena faktor kecelakaan.

4. Spesialis periodonsia (Sp.Perio)

Spesialis periodonsia adalah Seorang yang khusus melakukan diagnosis, perawatan dan penyakit pada jaringan lunak (mulut) dan dan struktur pendukung lainnya.

5. Spesialis konservasi gigi (Sp.kg)

Dokter spesialis konservasi atau sosontist end adalah seorang ahli yang melakukan perawatan fungsi, estetika , dan mengobati penyakit gigi dan jaringan sekitarnya, termasuk akar. Dokter konservasi gigi memiliki gelar Sp. KG. Ini mirip dengan gelar dokter gigi spesialis anak. 

6. Spesialis penyakit mulut (Sp.Pm)

Spesialis penyakit mulut adalah seorang ahli yang melakukan identifikasi dan diagnosis penyakit mulut, gigi, dan sekitarnya. Spesialisasi kedokteran gigi ini juga melakukan penelitian terkait penyakit gigi dan mulut. Gelar yang dimiliki adalah Sp.PM.

7. Spesialis radiologi kedokteran gigi (Sp.RKG)

Spesialis radiologi adalah Seorang ahli yang khusus melakukan pengambilan dan interpretasi gambar dan data sinar-x (rontgen). Namun, metode radiologi sering di gunakan dokter jantung.

8. Spesialis ilmu kedokteran gigi dan anak (Sp.KGA)

Dokter spesialis ilmu kedokteran gigi anak atau pedodontis adalah ahli yang melakukan diagnosis dan perawatan gigi anak-anak, tepatnya dari bayi hingga remaja. Gelar untuk dokter gigi spesialis anak adalah Sp.KGA. Sebelum muncul gigi utuh yang terjadi pada anak, gigi akan mencopot atau berganti dengan yang lain sampai 2-3x kemudian gigi tidak akan bisa tumbuh kembali.

jika anda berminat menjadi dokter gigi anda bisa menjalani pendidikan kedokteran yang akan menjadikan anda lebih mengetahui secara detail tentang gigi sampai tenggorokan.

Ilmu Kedokteran Gigi sangat berkaitan dengan syaraf yang ada pada leher dan kepala pasien. Oleh karenanya, seorang dokter gigi juga perlu menguasai ilmu-ilmu kedokteran dasar (basic medical science) yang di pelajari oleh para mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK).

Biaya pendidikan untuk program kedokteran sama seperti UGM ditentukan sesuai golongan, mulai dari Rp500 ribu–Rp23,4 juta, dan untuk program kedokteran gigi mulai dari Rp500 ribu–Rp21,6 juta.

C. Universitas Dengan Fakultas Kedokteran Spesialis Gigi

Tentu untuk menjadi seorang dokter memerlukan pendidikan terlebih dahulu, hal ini harus di lakukan dengan mengetahui teori teori kedokteran tenggorokan ataupun gigi.

Ilmu Kedokteran Gigi sangat berkaitan dengan syaraf yang ada pada leher dan kepala pasien. Oleh karenanya, seorang dokter gigi juga perlu menguasai ilmu-ilmu kedokteran dasar (basic medical science) yang dipelajari oleh para mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK).

Biaya pendidikan untuk program kedokteran sama seperti UGM di tentukan sesuai golongan, mulai dari Rp500 ribu–Rp23,4 juta, dan untuk program kedokteran gigi mulai dari Rp500 ribu–Rp21,6 juta.6 Jul 2022.

Ada yang dari akrilik, kerangka logam, bahkan sampai gigi palsu fleksibel, yang tentu semakin bagus bahan yang digunakan akan semakin mahal juga harganya. Belum lagi alat-alat yang di gunakan seorang dokter gigi tidak ada yang murah.

Agar dapat berpraktik legal, dokter gigi harus mengikuti dan dinyatakan lulus dari Ujian Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI). UKDGI wajib diikuti sebagai standarisasi dokter gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) mana pun memiliki kompetensi minimal yang sama.

FKG juga akan menghasilkan lulusan kedokteran, namun untuk pelayanan kepada pasiennya hanya berfokus pada kesehatan dan permasalahan rongga mulut. Berdasarkan segi pembelajaran, telah diketahui bahwa FK lebih berfokus secara umum mengenai anatomi, fisiologi, patologi, mikrobiologi, parasitologi dan lainnya.

6 Jurusan Kedokteran Gigi Terbaik Indonesia 2023

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Padjadjaran

D. Masalah Gigi Yang Sering Di Tangani Dokter Spesialis :

masalah gigi
  • Gigi Berlubang
  • Gigi Sensitif
  • Bau Mulut
  • Sariawan
  • Radang
  • Masalah Tenggorokan
  • Bibir Sumbing

Tentu Masalah tersebut bisa dengan mudah untuk di atasi, Hal pertama jika anda belum terkena penyakit pada mulut adalah membersihkan minimal 2-3x sehari. Dan jika anda sudah mempunyai penyakit pada mulut. Sebaiknya anda sering berobat secara rutin kepada dokter spesialis mulut dan gigi.

Hal yang Harus Di persiapkan Sebelum Bertemu Dokter Gigi

Berkunjung sering kali terlihat menakutkan, terutama bagi anak-anak. Namun, hal ini sebenarnya tidak perlu di khawatirkan. Meski harus di lakukan tindakan, seperti cabut gigi, dokter gigi akan memberikan bius lokal sehingga tidak akan terasa sakit.

Saat pemeriksaan, biasanya akan melakukan beberapa penanganan sebagai berikut:

  • Menanyakan keluhan yang di rasakan
  • Menanyakan kebiasaan makan atau kebiasaan lain, seperti merokok dan minum alkohol
  • Menanyakan kebiasaan menjaga kebersihan gigi dan mulut
  • Mengecek kesahatan gigi, gusi, dan mulut secara keseluruhan
  • Melakukan tindakan sesuai keluhan
  • Memberikan obat-obatan sesuai diagnosis dan kebutuhan pasien terkait masalah pada gigi, gusi, dan mulut

Jika terdapat kondisi yang tidak dapat di tangani oleh dokter gigi umum, rujukan mungkin diberikan agar masalah gigi dan mulut Anda bisa di tangani oleh spesialis.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi secara rutin. Tak hanya mencegah kerusakan gigi, pemeriksaan secara rutin juga penting dilakukan agar penanganan yang tepat dapat segera dilakukan bila terdapat masalah pada gigi dan mulut. Begitu pun jika menginginkan mata yang sehat anda bisa pergi secara rutin ke dokter mata terdekat